Peringati HANI 2019, BNN Kota Bandung Ajak Generasi Milenial Senam Zumba di Lapangan Saparua

Hal itu dilatarbelakangi hasil survey tingkat penyalahgunaan narkoba pada tahun 2018 yang menunjukan jumlah remaja dalam kasus penyalahgunaan narkoba

Peringati HANI 2019, BNN Kota Bandung Ajak Generasi Milenial Senam Zumba di Lapangan Saparua
Tribun Jabar/Cipta Permana
Para peserta senam zumba antinarkoba melakukan sesi foto bersama BNN Kota Bandung usai berolahraga di Lapangan Saparua Bandung, Jumat (28/6/2010) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Badan Narkotika Nasional ( BNN) Kota Bandung ajak ratusan warga Bandung untuk mengawali aktivitasnya dengan berolahraga senam zumba antinarkoba di Lapangan Saparua Bandung, Jumat (28/6/2019).

Para peserta yang didominasi generasi milenial beberapa wilayah sekitar Kecamatan Bandung Wetan tersebut, tampak antusias mengikuti setiap gerakan dari seorang instruktur.

Alunan musik berirama beat yang membuat suasana semakin ceria.

Kepala BNN Kota Bandung, AKBP Yeni Siti Saodah, mengatakan acara senam zumba antinarkoba ini merupakan salah satu rangkaian dari peringatan Hari Anti Narkotika Nasional (HANI) 2019 yang diperingati setiap tanggal 26 Juni.

Tahun 2018, Ditemukan 254 Kasus Penyalahgunaan Narkotika di Bandung, 21 Persennya Generasi Milenial

Menurutnya, selain melaksanakan kegiatan olahraga, pihaknya turut melakukan sosialisasi mengenai bahaya narkoba, salah satunya dengan menyebarkan relawan dan menerjunkan satu unit mobil layanan informasi narkoba.

"Ini menjadi salah satu momentum bagi kami untuk dapat menyosialisasikan apa itu narkoba. Maka kami pilih tempat yang banyak dikunjungi para generasi milenial, kamijuga tempatkan beberapa relawan untuk menyebarkan informasi mengenai bahaya narkotika narkoba," ujarnya usai kegiatan.

Generasi milenial, kata Yeni, sengaja dipilih sebagai target sosialisasi ini.

Hal itu dilatarbelakangi hasil survey tingkat penyalahgunaan narkoba pada tahun 2018 yang menunjukan jumlah remaja dalam kasus penyalahgunaan narkoba lebih tinggi dibanding kelompok pekerja.

Sebanyak 2.297.492 orang atau 3.21 persen dari total kasus penyalahgunaan narkoba dilakukan remaja.

Sedangkan di kelompok pekerja, hanya 1.540.037 orang atau 2.10 persen

"Inilah alasan kenapa disini kita lebih menargetkan kepada kaum milenial yang usianya diantara 13 sampai 30 tahun, kita dorong mereka ke arah kegiatan yang menyehatkan seperti olahraga, yang jelas lebih menyehatkan dan bermanfaat," ucapnya.

Yeni menuturkan selain kegiatan zumba antinarkoba, sejumlah kegiatan lainnya telah tersusun oleh BNN Kota Bandung dalam rangka memperingati HANI 2019, salah satunya gelaran puncak, yakni kegiatan bersepeda bersama yang diinisiasi oleh BNN Kota Bandung dan Pemerintah Kota Bandung pada 6 Juli 2019.

Acara tersebut rencananya akan dibuka langsung oleh Wali Kota Bandung, Oded M. Danial di Balaikota Bandung.

"Kami berharap semakin banyak kegiatan positif yang dilakukan dapat melekat di benak masyarakat khususnya generasi milenial, bahwa narkotika adalah musuh bersama. Dan kita tidak akan pernah berhenti untuk mewujudkan serta membentuk generasi milenial yang sehat, berprestasi, juga kreatif tanpa narkoba," katanya.

Berawal dari Tangkap Tangan Pembeli Ganja, Tim Prabu Polrestabes Bandung Amankan Pengedarnya

BNN Sinkronkan Kebijakan Anggaran untuk Bentuk Relawan Anti- Narkoba di 354 Desa dan 6 Kelurahan

Penulis: Cipta Permana
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved