Wilayah Cineam Tasikmalaya Selalu Jadi Langganan Krisis Air Bersih Saat Kemarau Datang

Memasuki musim kemarau, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, kerap dilanda krisis air bersih.

Wilayah Cineam Tasikmalaya Selalu Jadi Langganan Krisis Air Bersih Saat Kemarau Datang
Tribun Jabar/Isep Heri
Warga Kampung Ciriri, Desa Cijulang, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya antusias menantikan distribusi air yang dilakukan polisi, Kamis (27/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Memasuki musim kemarau, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, kerap dilanda krisis air bersih.

Camat Cineam, Ari Fitriadi, mengatakan bahwa ada beberapa wilayahnya yang saat ini juga telah mengalami krisis air bersih.

Dia menuturkan, ada beberapa titik lokasi yang harus didistribusikan air bersih, di antaranya Desa Ancol, Desa Ciampanan, Cijulang, dan sebagian Pasirmukti.

"Di beberapa titik tersebut mengalami krisis air lantaran letak geografisnya berada di atas bukit. Untuk mendapat air yang cukup ketika musim kemarau, warga harus menggali sumur yang sangat dalam," jelas Ari Fitriadi saat ditemui, Kamis (27/6/2019).

Sawah Kekeringan, Petani di Indramayu Ini Penuhi Kebutuhan Untuk Makan dari Hasil Dagang di Warung

Menurutnya memang perlu solusi melalui teknologi saluran air yang berasal dari sungai sekitar yang pastinya membutuhkan biaya besar.

"Kami harap Pemkab membuatkan solusi dengan membangun artesis. Dengan begitu, suplai air yang terngganggu ketika musim kemarau bisa tercukupi," ucapnya.

Ditemui terpisah, Kepala Desa Cijulang, Anwar Sanusi, mengatakan ada dua titik di wilayahnya yang menjadi langganan krisis air bersih selama tiga tahun terakhir.

"Di kami ada dua kampung, di antaranya Kampung Neglasari dan Kampung Ciriri yang selalu krisis air. Tahun kemarin paling parah," kata dia.

Sejauh ini, kata Anwar, ada sekitar 300 kepala keluarga yang sudah terdampak masuknya musim kemarau di desanya.

Namun belum ada distribusi air bersih dari pemerintah Kabupaten dan bergantung bantuan distribusi air bersih rutin dari kepolisian.

Kekeringan di Jabar Mulai Terjadi di Wilayah Utara, Ini Upaya yang Dilakukan Ridwan Kamil

Kekeringan, Belasan Hektare Sawah di Kabupaten Cirebon Gagal Panen

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved