Sungai Lain Sudah Tercemar, Warga Pun Mencari Ikan di Lokasi Proyek Normalisasi Sungai Cikijing

Warga yang melakukan sejumlah aktivitas di lokasi proyek normalisasi Sungai Cikijing di Desa Linggar, Kecamatan Rancaekek

Sungai Lain Sudah Tercemar, Warga Pun Mencari Ikan di Lokasi Proyek Normalisasi Sungai Cikijing
tribunjabar/hakim baihaqi
Menjaring ikan di proyek normalisasi Sungai Cikijing 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Warga yang melakukan sejumlah aktivitas di lokasi proyek normalisasi Sungai Cikijing di Desa Linggar, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, mengaku terpaksa melakukan itu karena sungai lainnya di desa tersebut kerap tercemar limbah industri.

Warga yang berada di lokasi proyek tersebut melakukan berbagai aktivitas, mulai dari memancing, menjaring ikan, mencuci kendaraan bermotor, hingga sekadar bersantai di sisi sungai.

Dudi (28), warga Desa Linggar, mengatakan, air Sungai Cikijing lama yang melintang di desa tersebut, dalam kondisi berwarna hitam pekat dan berbau tidak sedap, sehingga sulit mendapatkan ikan.

Berbeda dengan lokasi proyek normalisasi Sungai Cikijing, kata Dudi, kondisinya air cenderung lebih baik dan di dalamnya terdapat banyak jenis ikan air tawar, dalam sehari ia mampu menjaring hingga tujuh kilogram.

"Mulai dari ikan emas, nila, mujair, gabus, sampai lele, ada di tempat ini," kata Dudi di lokasi proyek normalisasi Sungai Cikijing, Kamis (27/6/2019).

Achmad Jufriyanto Cedera Paha, Pilih Menepi Saat Latihan Tim Persib Bandung

Kendati begitu, kata Dudi, kalau ia mengaku khawatir mengalami kecelakaan, lantaran di tempat tersebut masih dalam kondisi pembangunan serta sungai yang memiliki kedalaman hingga tujuh meter.

"Harus hati-hati juga, lihat diplang dalam juga," katanya.

Di sekitar lokasi tersebut, berdiri sebuah plang yang bertuliskan, di antaranya, dilarang bermain di lokasi proyek, berada di sekitar lokasi galian, berada di tumpukan material, dan mandi atau berada di lokasi proyek.

Pantauan Tribun Jabar tepatnya di lokasi proyek di Kampung Cikijing, sama sekali tidak ditemukan adanya pekerja proyek yang tengah merampungkan pekerjaan, sehingga warga dengan mudah keluar masuk.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved