Pasir Ikan Modern Sabilulungan Soreang, Diresmikan Jokowi Oktober 2019, Kedua Terbesar di Indonesia

Pasar Ikan Modern (PIM) Sabilululungan sudah selesai dibangun 100 persen. Rencananya pasar ikan ini baru akan diresmikan Oktober 2019

Pasir Ikan Modern Sabilulungan Soreang, Diresmikan Jokowi Oktober 2019, Kedua Terbesar di Indonesia
Tribunjabar/Mumu Mujahidin
Diskusi tentang Pasar Ikan Sabilulungan di Soreang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Pasar Ikan Modern (PIM) Sabilululungan sudah selesai dibangun 100 persen. Rencananya pasar ikan ini baru akan diresmikan Oktober 2019 oleh Presiden RI Joko Widodo.

Pasar Ikan Sabilulungan berlokasi di Jalan Gading Tutuka, Desa Cingcin, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, tak jauh dari pintu Tol Soreang.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan (Ekjah) Kabupaten Bandung Marlan, mengatakan Pasar Ikan Modern Sabilulungan ini, menjadi pasar ikan modern kedua yang dibangun pemerintah pusat di Indonesia, setelah Pasar Ikan Modern Muara Baru Jakarta.

"Jadi ini pasar ikan kedua yang ada di Indonesia setelah Pasar Ikan Muara Baru di Jakarta. Satu lagi Pasar Ikan Modern Sabilulungan yaitu di Kabupaten Bandung," katanya kepada wartawan di Pasar Ikan Sabilululungan, Kamis (27/6/2019).

Marlan mengatakan, PIM Sabilulungan ini dilengkapi dengan perlengkapan yang modern, seperti adanya eskalator gedung, cool storage PIM ini juga sudah dilengkapi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) untuk mengolah limbah pasar ikan.

"Jadi jika nanti ikannya enggak habis, bisa disimpan di cool storage sehingga ikannya enggak bau. Kami juga akan bangun IPAL disini untuk mengolah bau ikannya dengan sistim mikroba," ujarnya.

Achmad Jufriyanto : Dua Kali Main Kandang Draw, Laga Ketiga Lawan Bhayangkara FC Harus Menang

Nantinya kata Marlan akan ada sekitar 240 pedagang yang akan berjualan di Pasar Ikan Modern Sabilululungan. Selain itu, warga yang membeli ikan di pasar tersebut dapat langsung memasaknya di restoran yang ada di lantai dua, dengan suplai ikan dari seluruh wilayah di Jawa Barat.

"Ikan tawar dari sekitar Kabupaten Bandung, Sumedang dan Subang. Kalau ikan laut dari wilayah selatan Garut, Cianjur, Ciamis, Sukabumi dan wilayah Utara dari Indramayu, Cirebon dan dari Kendari juga ada," jelasnya.

Pasar ikan ini rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Oktober 2019. Saat ini proses pembangunan sudah selesai dibangun hingga 100 persen, hanya tinggal beberapa item yang belum masuk ke dalam kegiatan pembangunan, seperti pemagaran, lanskap, dan tempat parkir.

"Iya berdasarkan informasi yang kami terima dari Kementrian, rencananya kalau tidak ada halangan akan diresmikan oleh Pak Presiden Oktober nanti," katanya.

Profil Enny Nurbaningsih, Perempuan Hakim MK Satu-satunya, Srikandi Hukum yang Tak Bisa Diremehkan

Pihaknya berharap, dengan dibangunnya Pasar Ikan Sabilululungan ini, tingkat konsumsi ikan masyarakat di Kabupaten Bandung dapat meningkat dan masyarakat lebih mudah membeli ikan.

"Konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Bandung masih rendah, nasional sudah 47 kilogram per kapita, Kabupaten Bandung masih 17 kilogram perkapita per tahunnya. Penyebabnya banyak hal, pertama harga ikan mahal dan masyarakat belum terdidik terhadap ikan," katanya.

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved