Masih Ada Dua Warga Kota Bandung yang Dirantai, Ini Penjelasan Dinas Sosial

Kepala Dinas Sosial Kota Bandung, Tono Rusdiantono langsung mengecek ke lokasi tiga warga ODGJ, dua warga ODGJ dengan kondisi dirantai.

Masih Ada Dua Warga Kota Bandung yang Dirantai, Ini Penjelasan Dinas Sosial
Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari
Kepala Dinas Sosial Kota Bandung, Tono Rusdiantono 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Sosial Kota Bandung turun tangan terkait tiga warga gangguan jiwa (ODGJ) di RW8, Kelurahan Cijaura, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung, Rabu (26/6/2019).

Kepala Dinas Sosial Kota Bandung, Tono Rusdiantono langsung mengecek ke lokasi tiga warga ODGJ, dua warga ODGJ dengan kondisi dirantai.

Tono mengatakan dengan kondisi tiga warga ODGJ tersebut, pihaknya memerintahkan untuk membawa ke rumah singgah atau rumah sakit jiwa agar bisa ditangani dan dilakukan pemeriksaan kesahatannya.

"Jadi intinya permasalahan ODGJ, sebenarnya ODGJ itu ranahnya di Dinkes, jadi harus dicek dulu kesehatan, kesehatan jiwanya, tapi saya sangat terpanggil kalau ada laporan seperti ini," ujar Tono kepada Tribun Jabar di salah satu warga ODGJ di Kelurahan Cijaura, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung, Rabu (26/6/2019).

Namun Tono mengaku terkait warga ODGJ tersebut, sebelumnya pihaknya sudah menangani namun pihaknya belum mendapatkan persetujuan dari pihak keluarga.

"Ini ternyata sudah lama digarap oleh Dinsos, dan sudah cukup lama katanya berbulan-bulan, yang efektifnya sekarang sekarang mau ditarik, namun bapaknya enggak mau dan sulit juga kan, karena harus ada persetujuan dari keluarga," ujar Tono.

Terkait dua warga ODGJ dirantai, Tono mengaku hal tersebut harusnya tidak boleh dilakukan, namun setelah ada komunikasi dengan pihak keluarganya, menyebutkan warga ODGJ tersebut dapat mengganggu warga sekitar.

"Harusnya ini enggak boleh dirantai, cuman kan keluarganya keberatan, kalau enggak dirantai ngamuk dan rusak rumah, dan dilihat rantainya juga manusiawi ya, kalau di pasung kan parah, tapi ini mah menjaga saja," ujarnya.

Sementara itu, Tono menambahkan akan berkoordinasi dengan pihak Dinkes Kota Bandung terkait permasalahan ODGJ tersebut.

"Dalam hal ini pemerintah kota, Dinsos, saya konsen terhadap permasalahan ini, tapi mungkin Dinkes harus di informasikan ya dan ini saya akan koordinasi dengan Dinkes harus digimanakan," ujarnya.

Dari pantauan Tribun Jabar dilokasi, Kepala Dinas Sosial Kota Bandung menyambangi satu warga ODJG berinisial U (50) yang kala itu kondisinya sedang di rantai.(*)

Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved