Warga Afsel Ditangkap di Bandara Husein, Bawa Sabu-sabu 1,59 Kg, Disimpandi Celana Dalam dan Bra

Seorang perempuan berinisial Cn (44) warga Johannesberg, Afrika Selatan (Afsel) ditangkap petugas Bea Cukai Bandara Husein Sastranegara

Warga Afsel Ditangkap di Bandara Husein, Bawa Sabu-sabu 1,59 Kg, Disimpandi Celana Dalam dan Bra
Tribunjabar/Mega Nugraha
Warga Afsel (kiri baju putih) ditangkap di Bandara Husein Sastranegara bawa sabu-sabu 1,59 Kg 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Seorang perempuan berinisial Cn (44) warga Johannesberg, Afrika Selatan (Afsel) ditangkap petugas Bea Cukai Bandara Husein Sastranegara Bandung‎ pada Kamis (20/6/2019). Ia kedapatan membawa methamphetamine alias sabu-sabu seberat 1,59 kg.

"Kami mencurigai seorang warga negara asing yang datang ke Kota Bandung pada Kamis (20/6/2019). Saat diperiksa dan di x-ray memang tidak ditemukan apa-apa. Tapi ketika digeledah badannya, ditemukan sabu-sabu seberat 1,59 kg disimpan di bra dan celana dalam," ujar ‎Kepala Kanwil Bea Cukai Jabar, Saipullah Nasution di Jalan Rumah Sakit, Kota Bandung, Rabu (26/6/2019).

Ia mengatakan, kecurigaan awal pada Cn tertuju pada cataran penerbangan Cn. Menuru Saipullah, perempuan tersebut tidak pernah datang ke Bandung dan tidak ada tujuan khusus.

"Dari situ kami curiga, bagaimana mungkin belum pernah datang ke Indonesia tiba-tiba datang ke Indonesia, pasti by design. Tujuan pengiriman sabu-sabu masih kami dalami," ujar Saipullah.

Bus Damri Sidangbarang-Pangandaran Sepi Penumpang, Kapasitas 20 Orang Hanya Diisi 5 Orang

Pihaknya sudah menguji laboratorium temuan yang ada pada Cn. Hasil pemeriksaan, barang bawaan Cn positif sabu-sabu. Saat ini, kasusnya dilimpahkan ke Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jabar.

"Jika diuangkan nilainya R‎p 3,1 miliar lebih. Yang bersangkutan dijerat Pasal 102 juruf e Undang-undang Kepabeananan atau Pasal 113 ayat 2 Undang-undang Narkotika. Ancaman pidana di atas 10 tahun," ujar Saipullah

Kecurigaanya terbukti. Cn dihadirkan pada kesempatan itu. Kata Cn, ia diminta datang ke Bandung membawa barang tersebut de‎ngan diiming-imingi uang. Ia datang ke Bandung setelah sebelumnya transit di Singapura.

Yuk Nikmati Segarnya Bakso Aci dan Mie Nyemek di Warung Endolita Yey

"Saya akan diberi uang sekitar Rp 60 juta jika bisa mengirimkan barang ini ke seseorang di sini. Rencana saya itu saja, tapi saya ditangkap. Saya akui ini kunjungan pertama saya ke Bandung," kata Cn.

‎Ia sempat berdalih tidak mengetahui barang yang dibawanya itu sabu-sabu. Sekalipun, barang itu disimpan di sela bra dan celana dalamnya. Ia hanya tergiur dengan uang yang ditawarkan.

"Anak saya mau kuliah, ketika saya ditawari uang itu, saya setuju karena uang itu akan saya gunakan untuk anak saya," ujarnya. ‎Saat ini, Cn sudah ditetapkan sebagai tersangka. Ia ditahan di BNNP Jabar untuk keperluan penyidikan.

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved