Mahasiswa Unpar Gelar Bakti Masyarakat di Selaawi yang Menjadi Kawasan Sentra Bambu

Jadi sentra bambu di Garut, Kecamatan Selaawi memiliki potensi ekonomi yang besar. Upaya pengembangan pun menggaet peran akademisi.

Mahasiswa Unpar Gelar Bakti Masyarakat di Selaawi yang Menjadi Kawasan Sentra Bambu
Tribun Jabar/Firman Wijaksana
Perwakilan Universitas Katolik Parahyangan memberikan cenderamata kepada Camat Selaawi, Ridwan Effendi di Kantor Kecamatan Selaawi, Garut, Rabu (26/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Jadi sentra bambu di Garut, Kecamatan Selaawi memiliki potensi ekonomi yang besar. Upaya pengembangan pun menggaet peran akademisi.

Salah satunya dilakukan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) dengan mengadakan Social Enterprise for Economic Development (SEED). Selama sembilan hari, para mahasiswa Unpar akan menggali potensi yang ada di Selaawi.

"Selama ini kami sudah menjalin kerja sama dengan Selaawi. Selain menerapkan ilmu yang dimiliki mahasiswa, juga bisa membantu mencari potensi yang ada di masyarakat," ujar Fernando Mulia, Ketua Panitia SEED Unpar 2019 di Kantor Kecamatan Selaawi.

Business Matching Pengembangbiakan Domba dan Pengenalan Produk Jasa dan Keuangan

Prioritas utama pihaknya ke Selaawi sebagai proses pembelajaran bagi mahasiswa. Mereka diarahkan untuk melihat dan mengaplikasikan apa saja yang sudah dipelajari di kampus.

"Akan ada perbedaan antara proses belajar di kampus dengan yang ditemukan di lapangan. Di kelas teorinya, sekarang belajar langsung," ucapnya.

Para mahasiswa nantinya akan mengamati semua potensi ekonomi yang ada. Hasilnya pun akan diberikan kepada pihak kecamatan untuk bisa diterapkan.

Celentung, Alat Musik Inovasi Warga Selaawi Garut, Terbuat dari Bambu

"Selain mahasiswa dari Unpar, kami juga mengajak mahasiswa dari luar negeri. Siapa tahu nanti mahasiswa asing bisa membawa solusi yang sama dengan di negaranya untuk diaplikasikan di Selaawi," katanya.

Camat Selaawi, Ridwan Effendi mengatakan, sangat terbantu dengan adanya kerja sama tersebut. Apalagi banyak potensi yang bisa diangkat di Selaawi.

"Bambu sudah tak diragukan lagi. Banyak produk yang dihasilkan. Kami harap ada dampak yang lebih besar dari potensi ekonomi ini. Apalagi dibantu Unpar," ujar Ridwan.

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved