Di Kabupaten Purwakarta Setiap Desa dan Kelurahan Miliki Mobil Ambulans, Warga Miskin Gratis

Seluruh desa di Kabupaten Purwakarta kini telah memiliki mobil ambulans sendiri yang siap mengantarkan masyarakat

Di Kabupaten Purwakarta Setiap Desa dan Kelurahan Miliki Mobil Ambulans, Warga Miskin Gratis
tribunjabar/haryanto
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika saat mengecek mobil ambulans desa yang baru diluncurkan di Desa Kutamanah, Sukasari, Purwakarta, Rabu (26/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Seluruh desa di Kabupaten Purwakarta kini telah memiliki mobil ambulans sendiri yang siap mengantarkan masyarakat untuk berobat.

Terkait hal ini, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika secara simbolis meresmikan sekaligus melepas mobil ambulans baru bagi masyarakat di ratusan desa di Purwakarta, Rabu (26/6/2019).

Anne Ratna Mustika pun mengecek isi dan kondisi ambulans yang baru saja akan digunakan itu di Desa Kutamanah, Sukasari, Purwakarta.

"Total ada 183 desa di Purwakarta, semuanya sudah memiliki (ambulans) dan kelurahan juga sudah. Jadi seluruh desa dan kelurahan sudah memiliki ambulans masing-masing," kata Anne pada Rabu (26/6/2019).

Dengan adanya tambahan mobil ambulan baru sejumlah 178 unit, Anne menyebut total ambulans yang dimiliki Purwakarta sekitar 250 unit.

Mobil ambulans desa itu akan bersiaga di setiap kantor desa, puskesmas dan beberapa kantor dinas. Penggunaan ambulans itu gratis bagi masyarakat, khususnya bagi yang kurang mampu yang akan diantarkan ke puskesmas maupun rumah sakit.

Jerry Aurum Akui Konsumsi Narkoba Bukan karena Stres Akibat Putrinya, Berikut Fakta-fakta Kasusnya

mobil ambulans desa di Purwakarta
mobil ambulans desa di Purwakarta (tribunjabar/haryanto)

Bupati yang akrab disapa Ambu Anne itu menjelaskan ambulans desa itu berasal dari dana bagi hasil pajak (DBHP) yang dihasilkan pula dari desa.

"178 desa membeli secara baru unit mobil ambulans yang bersumber dari DBHP desanya masing-masing. Yang DBHP-nya tidak memadai, dialihkan ke infrastruktur desa," ucapnya.

Meski sebagai ambulans desa, Ambu menegaskan mobil yang khusus membawa orang sakit itu memiliki fasilitas yang memadai.

Menurut Ambu, fasilitas yang ada di dalam mobil ambulans desa itu telah sesuai standar termasuk dengan sopir dan tim medisnya.

Sebab pengadaan mobil ambulans untuk setiap desa ditargetkan agar pelayanan masyarakat terhadap keselamatan dan kesehatan terus meningkat.

Kisah Ajik Krisna, Bos Oleh-oleh dari Bali, Kini Punya 31 Outlet, Tahun Depan Buka Outlet di Cirebon

Hal itupun selaras dengan program 9 langkah melanjutkan purwakarta istimewa yang diinisiasi oleh Ambu Anne bagi masyarakat.

"Ya untuk layanan masyarakat, (dengan adanya ambulan) diharapkan bisa meningkatkan kesehatan masyarakat Purwakarta, semuanya harus sehat, pelayanan harus cepat dan berkurangnya angka kematian ibu dan anak karena lambatnya penahanan," ujarnya.

Penulis: Haryanto
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved