9 Pasar di Kota Bandung Rawan Kebakaran, Begini Hasil Sidak Diskar PB dan PD Pasar Bermartabat

Diskar PB bersama PD Pasar Bermartabat Kota Bandung melakukan inspeksi mendadak ( sidak) ke beberapa pasar tradisional, Rabu (26/6/2019).

9 Pasar di Kota Bandung Rawan Kebakaran, Begini Hasil Sidak Diskar PB dan PD Pasar Bermartabat
Tribun Jabar/Tiah SM
Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana ( Diskar PB) bersama PD Pasar Bermartabat Kota Bandung melakukan inspeksi mendadak ( sidak) ke beberapa pasar tradisional, Rabu (26/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG -- Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana ( Diskar PB) bersama PD Pasar Bermartabat Kota Bandung melakukan inspeksi mendadak ( sidak) ke beberapa pasar tradisional, Rabu (26/6/2019).

Dalam sidaknya, tim dari Diskar PB dan PD Pasar Bermartabat Kota Bandung itu memeriksa instalansi listrik yang ada di pasar tradisional.

"Ada sembilan pasar yang diperiksa hampir seluruhnya rawan kebakaran karena instalansi listrik semrawut dan tak ada jalur evakuasi jika terjadi kebakaran," ujar Kepala Seksi Pemeriksaan dan Pengawasan Gedung dan Bangunan, Diskar PB Kota Bandung, Elan Suparno, usai Periksa Pasar Sederhana Rabu (26/6/2019).

Elan yang belum menyebut nama kesembilan pasar yang rawan kebakaran, mengatakan bahwa sembilan Pasar yang diperiksa ditemukan 90 persen tidak memenuhi standar kelayakan penanggulangan kebakaran.

VIDEO Kronologis Kebakaran Pasar Ujungberung, dari Korsleting Listrik Menyambar Kios Penjual Petasan

"Pasar seharusnya memiliki petunjuk jalur evakuasi jika terjadi kebakaran dan mempunyai tim untuk memberikan arah jalan evakuasi," kata Elan.

Selain itu, tentu saja yang menjadi sorotan adalah sambungan listrik.

Di mana, banyak sambungan yang tidak sesuai dengan standar PLN.

"Kami akan meminta agar setiap kios memiliki APAR (Alat Pemadam Api Ringan, Red). Atau di setiap pasar memiliki hidran, yang jaraknya setidaknya 200 meter dari pasar," ujar Elan.

Setelah Terjadi 2 Kali Kebakaran Pasar di Kota Bandung, Mang Oded Setuju Ada Audit Pasar

Untuk sambungan listrik yang tidak memiliki meteran, Elan mengatakan akan mendiskusikan hal ini dengan Dirut PD Pasar Bermartabat Kota Bandung.

Halaman
12
Penulis: Tiah SM
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved