Peternak di Garut Lakukan Kawin Silang Domba Lokal dengan Domba Australia, Ini yang Diharapkan

Berat badan domba pun bisa lebih besar dari domba lokal. Persilangan itu sebagai upaya untuk menghasilkan kualitas domba yang lebih baik.

Tribun Jabar / Firman Wijaksana
Koordinator Staf Khusus Presiden yang juga pembina HPDKI, Teten Masduki melihat domba hasil kawin silang antara domba Garut dengan domba Australia di PT Agro Investama, Kecamatan Malangbong, Selasa (25/6/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Peternak domba di Kabupaten Garut melakukan cross breed atau kawin silang indukan lokal domba Garut dengan domba dorper Australia.

Penyilangan itu disebut menghasilkan domba unggulan dengan bobot yang lebih besar.

Ketua Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Jawa Barat, Yudi Guntara Noor mengatakan, domba persilangan itu akan lebih produktif.

Berat badan domba pun bisa lebih besar dari domba lokal. Persilangan itu sebagai upaya untuk menghasilkan kualitas domba yang lebih baik.

"Domba pedaging lokal sudah bagus. Namun produktivitasnya bisa ditingkatkan dengan crossing domba unggulan. Nanti bisa hasilkan domba unggulan yang pertumbuhan berat badannya lebih cepat. Terutama di daging," ucap Yudi di PT Agro Investama, Malangbong, Selasa (25/6/2019).

Menurut Yudi, persoalan pembibitan ini masih banyak dikeluhkan. Pihaknya pun berupaya mencari bibit bakalan dengan melakukan pembiakan cross breed.

Masalah bibit pun bisa diselesaikan dengan perkawinan silang ini. Terkait harga, ia menyebut bisa menjual domba hasil persilangan itu seharga Rp 100 ribu per kilogram.

"Untuk tahap pertama ada bantuan 200 ekor bibit ke peternak. Cuma sekarang masalahnya di biaya. Kalau pakai sistem kredit biasa sulit. Makanya kami cari dana CSR untuk pembiayaan pembiakan ini," katanya.

Ia menyebut, dari data yang ada populasi domba di Jawa Barat mencapai 10 juta. Namun kondisi di lapangan sulit mencari domba. Ditambah harganya yang mahal.

Halaman
12
Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved