Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Gelar Diskusi, Bahas Perkembangan Teknologi dan Pemilu 2019

Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan menggelar Diskusi Publik dengan tema "Mempererat Ukhuwah Wathoniyah dengan Semangat Idul Fitri Pascapemilu Serentak

Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan Gelar Diskusi, Bahas Perkembangan Teknologi dan Pemilu 2019
Tribun Jabar/Siti Masithoh
Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan menggelar Diskusi Publik dengan sejumlah tokoh di Jalan Perjuangan, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Selasa (25/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan menggelar Diskusi Publik dengan tema "Mempererat Ukhuwah Wathoniyah dengan Semangat Idul Fitri Pascapemilu Serentak 2019", di salah satu kantin di Jalan Perjuangan, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Selasa (25/6/2019).

Kegiatan ini diisi oleh narasumber beberapa narasumber , di antaranya Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Cirebon, Iing Daiman, KH. M. Ma’shum HDA Al-Mustawa, dan Ahmad Kaelani.

Kegaiatan itu juga dihadiri serta oleh puluhan peserta yang terdiri dari berbagai profesi, akademisi, aktivis Cirebon, dan mahasiswa di Cirebon.

Iing Daiman menyampaikan, Cirebon sudah terpilih sebagai Kota Cerdas pada sejak tahun 2011.

5 Burung Langka Diamankan dari Taman Wisata Jempol Waterboom Ciledug Cirebon

Menurutnya, Budaya kearifan lokal tidak bisa ditinggalkan, karena budaya lokal merupakan pendorong dan pondasi utama masyarakat yang perlu dijaga dan dikembangkan.

"Terkait dengan pemilu, dilihat dari kacamata Keminfo, sempat kita temui adanya pemblokiran akses whatsapp sementara, dan adanya pembatasan konten untuk di upload dalam dunia sosial," katanya.

Menurutnya, perkembangan teknologi mempermudah manusia dalam mengakses informasi. Adapun info yang baik maupun tidak, lanjut kata dia, bisa dilakukan berbagai cara.

Pertama, menyaring terlebih dulu informasi tersebut sebelum disebar, kemudian cek kebenarannya sebelum menyebarkan informasi itu.

"Kita harus selektif memilih info-info faktual yang sudah dicek terlebih dahulu kebenarannya. Penyebaran informasi dari yang bermanfaat hingga berujung penjara hari ini malang-melintang di negara kita,  terkait dengan hoax bisa di unduh dalam android Citra, yaitu Cirebon dalam Berita," katanya.

144 Ribu Kendaraan tak Lakukan Daftar Ulang di Samsat Sumber Kabupaten Cirebon

Halaman
12
Penulis: Siti Masithoh
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved