Begini Pernyataan PM Israel Terkait Cara untuk Mencegah Iran Miliki Senjata Nuklir

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menegaskan bahwa negaranya akan melakukan segalanya demi mencegah Iran memperoleh persenjataan nuklir.

Begini Pernyataan PM Israel Terkait Cara untuk Mencegah Iran Miliki Senjata Nuklir
Haaretz/Mark Israel Salem
Presiden AS Donald Trump bersama Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. 

TRIBUNJABAR.ID, TEL AVIV - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menegaskan bahwa negaranya akan melakukan segalanya demi mencegah Iran memperoleh persenjataan nuklir.

"Israel tidak akan pernah mengizinkan Iran, yang menyerukan penghancuran kami dan membubarkan perbatasan kami, memiliki senjata nuklir. Kami akan melakukan segalanya untuk mencegah mereka (Iran) memperoleh persenjataan nuklir," ujar Netanyahu, saat menerima kunjungan pejabat senior keamanan Rusia, Senin (24/6/2019).

Dikutip dari Kompas.com, Selasa (25/6/2019), Kepala dewan keamanan Moskwa, Nikolai Patrushev, mengunjungi Israel menyusul peningkatan ketegangan dalam beberapa pekan terakhir antara Teheran dengan Washington di kawasan Teluk.

Dinilai Semakin Provokatif, AS Beri Sanksi Pemimpin Tertinggi dan Para Petinggi Militer Iran

Pemerintah Israel, yang percaya negaranya akan menjadi sasaran jika Iran memiliki senjata nuklir, telah berulang kali melancarkan serangan ke wilayah Suriah untuk mencegah kekuatan Iran tertanam di negara itu.

Teheran berulang kali membantah bertujuan untuk memiliki senjata nuklir dan menegaskan jika program nuklirnya sepenuhnya untuk tujuan sipil.

Namun Iran, yang mengancam akan meninggalkan kesepakatan nuklir 2015, bakal memiliki cadangan uranium yang diperkaya melebihi batas ketentuan dalam kesepakatan itu pada 27 Juni mendatang.

Iran Klaim Serangan Siber Amerika Serikat Terhadap Sistem Peluncuran Roket Sudah Gagal

Sementara Patrushev menyampaikan bahwa Rusia sangat memperhatikan keamanan Israel dan mendukung pencapaian perdamaian dan stabilitas di Suriah.

"Kami sangat memperhatikan keamanan Israel. Untuk menyelesaikan masalah ini, dalam praktiknya perlu membawa perdamaian dan stabilitas ke kawasan itu, termasuk di wilayah Suriah," kata Patrushev tanpa menyebut negara republik Islam, Iran, seperti dikutip AFP.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Israel Bakal Lakukan Segala Cara untuk Cegah Iran Miliki Senjata Nuklir"

Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved