Amerika Serikat Berikan Sanksi saat Tawarkan Perundingan, Presiden Iran Tanggapi Begini

Presiden Iran Hassan Rouhani menuduh sanksi yang diberikan Amerika Serikat pada sejumlah pejabat seniornya menunjukkan mereka tak ingin bernegosiasi

Amerika Serikat Berikan Sanksi saat Tawarkan Perundingan, Presiden Iran Tanggapi Begini
satuislam.org
Presiden Iran, Hassan Rouhani 

TRIBUNJABAR.ID, TEHERAN - Presiden Iran Hassan Rouhani menuduh sanksi yang diberikan Amerika Serikat ( AS) terhadap sejumlah pejabat seniornya menunjukkan mereka tak ingin bernegosiasi.

Pada Senin (24/6/2019), Presiden AS Donald Trump mengumumkan dia meneken perintah eksekutif untuk menjatuhkan hukuman keuangan sejumlah petinggi Iran.

Di antaranya Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, Menteri Luar Negeri Mohammed Javad Zarif, maupun delapan komandan utama dari pasukan Garda Revolusi.

"Di saat kalian ( Amerika Serikat) menawarkan perundingan, kalian juga menjatuhkan sanksi kepada menteri luar negeri? Jelas bahwa kalian bohong," kata Rouhani dikutip dari Kompas.com yang melansir AFP, Selasa (25/6/2019).

Komentar Rouhani muncul setelah Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton mengatakan bahwa Washington membuka pintu untuk bertemu dan bernegosiasi.

"Namun sebagai tanggapan, sikap diam Iran begitu memekakkan telinga," ucap Bolton dalam pernyataan resmi di sela kunjungan ke Yerusalem, Israel.

Begini Pernyataan PM Israel Terkait Cara untuk Mencegah Iran Miliki Senjata Nuklir

Dalam konferensi pers, Trump menjelaskan sanksi itu dijatuhkan kepada Khamenei karena dia dituduh bertanggung jawab atas "sikap permusuhan" yang ditunjukkan Iran.

Karena itu, Trump menuturkan sanksi bakal mencegah Khamenei maupun rezimnya untuk mendapatkan akses utama kepada sumber finansial maupun dukungan.

"Iran tidak akan bisa mendapatkan senjata nuklir. Mereka adalah negara pendukung terorisme nomor satu di berbagai tempat di dunia ini," beber Trump.

Dia menambahkan dikutip Sky News, pemerintahannya tidak ingin berkonflik dengan Iran.

Dinilai Semakin Provokatif, AS Beri Sanksi Pemimpin Tertinggi dan Para Petinggi Militer Iran

Halaman
12
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved