Sekda Jabar Imbau ASN Gunakan Bandara Kertajati untuk Perjalanan Dinas

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mengimbau seluruh ASN di Jawa Barat untuk menggunakan

Sekda Jabar Imbau ASN Gunakan Bandara Kertajati untuk Perjalanan Dinas
Tribun Jabar/ Ahmad Imam Baehaqi
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mengimbau seluruh ASN di Jawa Barat untuk menggunakan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka sebagai bandara keberangkatan dan kedatangan jika melakukan perjalanan dinas ke beberapa daerah di Indonesia.

Imbauan tersebut diutarakan oleh Iwa terkait pengalihan sejumlah penerbangan komersialdari Bandara Internasional Husein Sastranegara du Bandung ke Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka.

"Untuk semua aparatur termasuk di dalamnya DPRD, khususnya yang di sekitar Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan) supaya efisien dan efektif itu harus dari Bandara Kertajati," kata Iwa Karniwa, di Bandung, Senin (24/6/2019).

Sejak beberapa bulan lalu pihaknya telah mengeluarkan surat edaran kepada lima kepala daerah di Ciayumajakuning untuk mendukung operasional penerbangan di Bandara Kertajati yakni jika melakukan perjalanan dinas ke luar pulau menggunakan moda transportasi udara diupayakan terbang dari Bandara Kertajati.

"Memang sebelumnya sudah kita arahkan, kita imbau, dan sudah dibuat surat edaran. Sudah kita kirim ke lima bupati wali kota yakni di Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan," kata Iwa.

Empat Cewek Ini Turut Padamkan Api Saat Melalap Suzuki APV, Gak Takut Api, Udah Biasa

Surat edaran untuk agar ASN mengoptimalkan penerbangan di Bandara Kertajati, kata Iwa, juga sudah dikirimkan untuk 22 kepala daerah tingkat kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat.

"Surat edaran ini juga termasuk ASN dari 22 provinsi di luar Ciayumajakuning. Jadi kalau memungkinan itu lebih cepat diharapkan supaya menggunakan penerbangan yang dari kertajati. Ini bentuk dukungan tertulis juga kita sampaikan kepada masyarakat dan ASN untuk menggunakan Bandara Kertajati," kata dia.

Sebelumnya, sebanyak 56 penerbangan domestik Bandara Husein Sastranegara Bandung dipindahkan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, pada 1 Juli 2019.

Perpindahan operasional penerbangan domestik itu sudah disepakati semua pihak, termasuk maskapai penerbangan.

Sebelumnya, lewat acara Jabar Punya Informasi (Japri) Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Hery Antasari mengimbau agar ASN yang hendak melakukan perjalananan dinas, untuk terbang dari Bandara Kertajati sebagai bentuk dukungan kepada bandara ini.

Putusan Sidang Sengketa Pilpres 2019 Digelar 28 Juni, Apakah Prabowo-Sandi Berpeluang Menang di MK?

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, mengatakan 56 penerbangan domestik yang pindah ke BIJB Kertajati merupakan pesawat berjenis jet. Sedangkan, penerbangan pesawat berjenis propeller atau pesawat baling-baling dan penerbangan internasional tetap di Bandara Husein Sastranegara.

"Kita rencanakan paling lambat 1 Juli 2019 karena bertahap ada yang tanggal 20 Juli dan 23 juli. Jadi, ada 56 penerbangan yang pindah dari Husein ke Kertajati," katanya saat melakukan pengecekan persiapan BIJB Kertajati, Majalengka, Selasa (18/6/2019).

Pesawat yang tetap di Bandung adalah semua pesawat propoller dan semua penerbangan luar negeri yang totalnya 32 penerbangan (20 propoller dan 12 penerbangan internasional).

Penerbangan domestik yang pindah ke BIJBKertajati antara lain penerbangan dengan tujuan Banjarmasin, Batam, Bali, Medan, Pekanbaru, Pontianak, Ujung Pandang dengan maskapai Garuda, Lion, Sriwijaya, Nam, Wings, Air Asia, Citilink.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved