Pemilu 2019

Perolehan Suara PKB di Jabar Naik 100 Persen, Cak Imin Salut

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengapresiasi raihan suara PKB di tingkat provinsi dan kabupaten/kota di J

Perolehan Suara PKB di Jabar Naik 100 Persen, Cak Imin Salut
Tribun Jabar/Muhammad Syarif Abdussalam
Cak Imin saat menghadiri Halal Bihalal PKB Jawa Barat di Kota Bandung, Minggu (23/6/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhammad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengapresiasi raihan suara PKB di tingkat provinsi dan kabupaten/kota di Jawa Barat pada Pemilu 2019.

Raihan PKB di Jabar dinilai meningkat pesat dibandingkan dengan Pileg sebelumnya.

"Terima kasih atas kerja keras semua kader PKB di Jawa Barat, berkat kerja kerasnya, perolehan suara PKB meningkat tajam. Untuk di DPRD Jawa Barat berhasil meraih 13 kursi, dari sebelumnya 7 kursi," kata Cak Imin seusai menghadiri Halal Bihalal PKB Jawa Barat di Kota Bandung, Minggu (23/6/2019).

Cak Imin mengatakan raihan tersebut harus disyukuri dan dijaga oleh semua pengurus DPW PKB Jawa Barat dengan cara membuktikan bahwa penambahan kursi di legislatif tersebut harus benar-benar dirasakan oleh rakyat manfaatnya.

"Manfaatnya harus benar-benar dirasakan oleh rakyat. Itu yang harus menjadi perhatian," kata Cak Imin.

Fakta Jelang Putusan Sidang PHPU di MK, Berapa Besar Kemungkinan Menang Prabowo-Sandi?

Sebelumnya raihan suara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di tingkat provinsi atau kabupaten kota yang ada di Provinsi Jawa Barat pada Pileg 2019 meningkat 100 persen dibandingkan dengan raihan suara di Pileg 2014.

"Untuk di tingkat DPRD Provinsi Jawa Barat, kami optimistis mendapatkan 13 kursi, dari semula 7 kursi. Sedangkan di tingkat kabupaten kota, perolehan kursi diperkirakan mencapai 136," kata Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda, di Kota Bandung.

Huda mengatakan jumlah ini naik 39 kursi, dibandingkan total perolehan kursi PKB di DPRD kabupaten dan kota se-Jawa Barat pada Pemilu 2014 yang hanya mencapai 97 kursi.

Huda mengatakan, pencapaian suara ini berperan besar dalam mempertahankan perolehan suara calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi di Jawa Barat.

Menurutnya, lonjakan peraihan kursi parlemen ini tak lepas dari dukungan penuh dari kaum Nahdliyin yang sangat militan serta penguatan dari Nahdatul Ulama (NU) baik secara organisasi maupun perorangan.

"Kami mensyukuri pencapaian suara PKB di Pemilu 2019. Ini merupakan kerja bersama semua elemen partai baik di level pusat maupun daerah yang bersama-sama berjuang membesarkan suara PKB di Jawa Barat," ujar Huda.

Huda menilai banyak kejutan yang terjadi pada Pemilu 2019 ini, di antaranya dukungan masyarakat Jawa Barat terhadap PKB sangat luar biasa.

Padahal pada pemilu sebelumnya, ranking PKB dalam perolehan suara selalu berada di luar lima besar parpol peraih suara terbanyak.

"Kami bersyukur atas pencapaian raihan suara ini, karena bisa memberikan sumbangsih yang cukup signifikan dalam konteks persaingan parpol di tingkat pusat sehingga mampu mengamankan batas minimal Parliamentary Threshold empat persen," katanya.

Dedi Mulyadi Sebut Desakan Munaslub Golkar Datang dari Pihak yang Mengincar Kursi Menteri

Tak Ada Aksi di Jalan Setelah Putusan Mahkamah Konstitusi, Janji Kubu Jokowi-Maruf dan Prabowo-Sandi

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved