Breaking News:

Ribuan Orang Bernama Asep Halal Bihalal di Pendopo Garut, Ada yang dari Aceh hingga Kalimantan

Ribuan orang yang memiliki nama Asep berkumpul dalam acara halal bihalal yang diadakan Paguyuban Asep Dunia di Pendopo Garut

tribunjabar/firman wijaksana
Ribuan Asep berkumpul di Pendopo Garut halal bihalal, Minggu (23/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Ribuan orang yang memiliki nama Asep berkumpul dalam acara halal bihalal yang diadakan Paguyuban Asep Dunia di Pendopo Garut, Minggu (23/6/2019). Sejumlah warga yang berasal dari berbagai daerah itu berkumpul dari berbagai latar belakang.

"Nama-nama Asep yang datang ke acara perkumpulan Asep ini tidak hanya berasal dari Garut atau Jawa Barat saja. Bahkan ada yang dari luar Jawa Barat juga. Seperti Aceh, Kalimantan, dan Batam," ujar Ketua Paguyuban Asep se-Priangan Timur, Asep Jaelani, Minggi (23/6/2019).

Menurutnya, sebagai salah satu nama yang saat ini paling banyak dipakai di kalangan masyarakat Sunda, nama Asep memiliki kebanggaan. Nama Asep diberikan para orangtua terdahulu sebagai simbol kasih sayang terhadap anak lelakinya.

"Asep itu nama panggilan kasih sayang untuk laki-laki, selain ada Ujang. Kalau perempuan Nyai. Kami bangga dengan nama Asep yang diberikan oleh orangtua," katanya.

Pria Ini Tewas Dililit Ular Peliharaannya, Ularnya Mati Dibunuh Warga Dikubur di Dekat Makam Tuannya

Ia menyebut kelestarian nama Asep kini semakin tergerus. Pemberian nama Asep oleh para orangtua sudah tidak begitu sepopuler zaman dulu. Meski demikian, nama Asep tidak akan punah terutama di tataran Sunda.

"Latar belakang anggota Paguyuban Asep Dunia itu ada dari yang biasa-biasa sampai luar biasa. Ada yang pengusaha, pelukis, ASN, dan lainnya. Justru itulah hikmahnya ada paguyuban," ucapnya.

Ini Susunan Pemain Persib Bandung vs Madura United, Ezechiel N Douassel Jadi Starter

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved