VIDEO Petani di Cicalengka Masih Lakukan Aktivitas Tanam di Musim Kemarau

"Seharusnya sudah ditanam bulan lalu, tetapi baru bisa sekarang. Karena sebelumnya kena limbah pabrik sekitar," kata Nana, Kamis (20/6/2019).

Memasuki musim kemarau, sejumlah petani di Kampung Cikuya, Desa Cikuya, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, melakukan aktivitas tani di sawah samping Jalan Raya Majalaya-Cicalengka.

Pantauan Tribun Jabar, Kamis (20/6/2019), para petani tersebut melakukan penanaman padi di belasan hektare sawah, dialiri oleh saluran air dari saluran irigasi Cikuya yang melintang di Kampung Cikuya.

Seorang petani dari Desa Cikuya, Nana (60), mengatakan, aktivitas tanam padi yang dilakukan oleh sejumlah buruh tani, mengalami keterlambatan, lebih dari tiga pekan.

"Seharusnya sudah ditanam bulan lalu, tetapi baru bisa sekarang. Karena sebelumnya kena limbah pabrik sekitar," kata Nana, Kamis (20/6/2019).

Nana mengatakan, meskipun belum memasuki puncak musim kemarau, debit air dari saluran irigasi Cikuya, sudah mulai berkurang, sehingga beberapa petani terpaksa bergantian mendapatkan pasokan air.

Ia mengatakan, di sawah yang ia garap tersebut, air hanya mengalir pada waktu malam hingga dini hari, karena dilakukan sistem dibuka tutup, sehingga sawah lain pun teraliri.

"Kalau musim hujan, semua bisa dapat air kapan saja. Ini belum kemarau parah, kalau parah, sawah pasti kering, yang pasti terancam gagal panen," katanya.

Sementara itu, di Desa Ciluluk, Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung, bencana kekeringam mulai terjadi, beberapa lahan persawahan milik warga mulai mengalami keretakan, beberapa pun saluran irigasi yang berada di sekitar lahan persawahan pun, tampak mulai surut.

"Sudah mulai kering dari awal bulan. Biasanya terjadi sampai akhir tahun," kata Dayat (47), warga Kampung Ciluluk, Desa Ciluluk.

Sebelumnya, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bandung, mencatat, dua hektare lahan pertanian yang mengalami kekeringan ringan, sebanyak 93 hektare lahan pertanian terancam kekeringan.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved