Kronologi Kebakaran yang Hanguskan 14 Perahu di Indramayu, Termasuk Asal Api

Kebakaran hanguskan 14 perahu. Rinciannya, 3 perahu jenis alat tangkap jaring cumi berukuran besar dan 11 perahu jenis alat tangkap jaring arad

Kronologi Kebakaran yang Hanguskan 14 Perahu di Indramayu, Termasuk Asal Api
Tribun Jabar/Handhika Rahman
Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Indramayu saat memadamkan kebakaran perahu jenis alat tangkap cumi di Desa Eretan Kulon dan Desa Eretan Wetan, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Sabtu (22/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU- Kebakaran hebat yang menimpa puluhan perahu milik nelayan di Desa Eretan Wetan dan Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur, Indramayu.

Api kebakaran besar itu bermula dari percikan listrik dari salah satu bohlam pecah di sebuah perahu.

Hal tersebut diungkapkan Korlap Bidang Pemadam Kebakaran Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Indramayu, Aan Anjasmara saat ditemui Tribuncirebon.com di lokasi kebakaran, Sabtu (22/6/2019).

"Berdasarkan keterangan saksi, api berawal dari adanya salah satu bohlam yang pecah pada salah satu perahu," ujar Aan Anjasmara.

Menurutnya, akibat tidak dapat menahan panas, bohlam tersebut pecah dan pecikan arus listrik dari bohlam itu langsung menyambar tengki bahan bakar solar yang berada di bawahnya.

Lanjut dia, saat itu perahu tersebut baru saja diisi bahan bakar dan rencananya dipergunakan melaut pada malam hari itu.

"Pemilik perahu ini menyalakan lampu dari pukul setengah 7 malam sampai tengah malam dalam kondisi ditinggal," ucap dia.

Ada Titik Api Baru, Polres Indramayu Padamkan Api pada Salah Satu Bangkai Kapal Pakai Alat Seadanya

Tengah Malam, Dua Rumah dan Belasan Perahu Hangus Dilalap Si Jago Merah di Indramayu

Akibatnya, api dengan cepat timbul dan menjalar menghanguskan seluruh badan perahu. Disebutkan Aan Anjasmara, perahu tersebut adalah perahu jenis alat tangkap jaring cumi berukuran besar.

Ditambah lagi, faktor cuaca pada malam hari itu angin tengah berhembus kencang sehingga membuat api cepat merambat kepada perahu-perahu lain yang berada di sekitarnya.

Halaman
12
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved