Ibadah Haji 2019

758 Calon Haji Purwakarta Siap Berangkat ke Tanah Suci, Terbagi Dalam 2 Keloter, Berikut Jadwalnya

Akan ada 758 jemaah calon haji dari Purwakarta yang akan berangkat ke Tanah Suci Makkah, Arab Saudi pada lebaran haji tahun 2019.

758 Calon Haji Purwakarta Siap Berangkat ke Tanah Suci, Terbagi Dalam 2 Keloter, Berikut Jadwalnya
ISTIMEWA
ILUSTRASI --- Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Bintaldam III/Siliwangi, Kolonel Kav Khusnul Khuluq SIP MIP memberangkatkan 162 orang jemaah haji dari Makodam III/Siliwangi, Rabu malam (23/8/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Akan ada 758 jemaah calon haji dari Purwakarta yang akan berangkat ke Tanah Suci Makkah, Arab Saudi pada lebaran haji tahun 2019.

Ratusan calon haji itu terbagi ke dalam dua kelompok terbang (keloter), yaitu keloter 10 yang berjumlah sekitar 404 orang dan sisanya berada di keloter 42.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta, Tedi Ahmad Junaedi saat dikonfirmasi melalui telepon.

"InsyaAllah dijadwalkan untuk kloter 10 akan berangkat pada 8 Juli 2019, sedangkan kloter 42 akan berangkat pada 19 Juli 2019," kata Tedi pada Sabtu (22/6/2019).

Ia menjelaskan bahwa kloter 10 akan berangkat dari Purwakarta sekitar pukul 15.30 WIB lalu masuk asrama haji pada pukul 19.50 WIB.

Kuota Haji di Tasikmalaya Mendapat Tambahan, Jumlahnya Terbatas, Ini Kriteria yang Dapat Prioritas

Sedangkan pada keloter 42 akan mulai diberangkatkan pada pukul pukul 02.00 WIB, untuk selanjutnya masuk asrama haji pada pukul 05.00 WIB.

Menjelang semakin dekatnya lebaran haji, pihaknya bersama Pemda Purwakarta telah menggelar bimbingan manasik haji dan pembekalan bagi para calon jemaah haji di Purwakarta.

Tedi mengatakan kegiatan tersebut menjadi salah satu bukti bahwa sebuah kerja sama dapat dilakukan dengan baik antara Kemenag Purwakarta dengan Pemda Purwakarta sehingga mampu melahirkan inovasi kegiatan.

"Saya juga bangga bahwa kegiatan bimbingan manasik haji dan pembekalan ini sudah terintegrasi petugas haji kloter dan ketua rombongan jemaah haji bisa terlaksana dengan baik," ucap dia.

1.519 Calon Haji dari Kabupaten Tasikmalaya Berangkat ke Tanah Suci Tahun Ini

Ia mengaku bahwa penyelanggaraan haji dari tahun ke tahun di Purwakarta dirasa semakin baik. Hal itu adalah sebuah bukti serius pemerintah menangani masalah-masalah haji.

Sebab, evaluasi demi evaluasi yang terus dilakukan serta dibantu oleh berbagai pihak sudah dilakukan demi menjadikan proses ibadah rukun Islam ke-5 itu terlaksana secara sempurna.

Dia berharap, dengan diadakannya kegiatan menasik para peserta tidak saja mampu mengenal tahapan kegiatan berhaji, namun juga bisa meningkatkan wawasannya tentang haji secara benar.

Masih Ada Calon Haji yang Bawa Rice Cooker ke Tanah Suci, Kemenag Indramayu Kembali Mengingatkan

"Pada akhirnya menjadikan penyelenggaraan haji berjalan secara sukses dan jemaah haji Indonesia, khususnya yang berasal dari Purwakarta, dapat menjadi role model bagi jemaah haji lainnya. Entah itu dari kedisiplinannya, kebersihannya, dan lain sebagainya," ujarnya menambahkan.

Penulis: Haryanto
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved