Zonasi Bikin Warga Cibiru Kota Bandung Sulit ke Sekolah Negeri, yang Untung Warga Kabupaten Bandung

Warga Cibiru Kota Bandung sulit mencari sekolah negeri dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi .

Zonasi Bikin Warga Cibiru Kota Bandung Sulit ke Sekolah Negeri, yang Untung Warga Kabupaten Bandung
Ilustrasi Mengkritisi Sistem Zonasi PPDB 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Warga Cibiru Kota Bandung sulit mencari sekolah negeri dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi .

Camat Cibiru, Didin Dikayuana mengatakan, di wilayahnya hanya ada tiga sekolah negeri yakni SMPN 46, SMAN 26 dan MAN 2.

“Di Cibiru sudah dua tahun terakhir selalu ada masalah dalam proses penerimaan siswa baru. Tahun lalu (2018) zonasinya hanya 800 meter (dari sekolah). Tahun sekarang makin maju jadi 700 meter,” ujar Didin saat ditemui di kantornya, Jumat (21/6/2019).

Menurut Didin, posisi sekolah negeri yang ada di Kecamatan Cibiru kebanyakan berada di atas sebelah utara dan lebih dekat dengan perbatasan Kabupaten Bandung.

“Warga Cibiru yang berada di bawah justru banyak yang tidak kebagian (masuk sekolah negeri). Yang diuntungkan justru orang Kabupaten Bandung karena jaraknya hanya 200 meter dari perbatasan Kabupaten Bandung,” jelasnya.

Tim Saber Pungli Polres Cimahi Masih Menyelidiki Kasus Pungli di SMPN 3 Ngamprah

Ditanya soal jumlah warga Cibiru yang tidak terakomodir masuk ke sekolah negeri, Didin mengatakan dari jumlah pendaftar sekitar 500-an siswa, hampir setengahnya tidak terakomodir dan terpaksa harus masuk sekolah swasta.

“Ada sekitar 200-an siswa yang kurang mampu kalau menyekolahkan ke swasta,” ujarnya.

Didin berharap sistem zonasi bisa memberikan keadilan bagi warga Cibiru, minta pemerintah bisa membangun kembali sekolah negeri level SMP dan SMA di Kecamatan Cibiru.

"Warga selalu minta bangun sekolah, karena saat ini pertambahan perumahan, mutasi penduduk otomatis anak sekolah bertambah,'" ujarnya.

Gempa Pangandaran Getarannya Cukup Kuat Dirasakan Warga, Sejauh Ini Belum Ada Informasi Kerusakan

Penulis: Tiah SM
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved