PT KAI Mulai Bangun Rel Cibatu-Garut, Target Beres September, Bandung-Garut Bisa Pakai Kereta Api

Bantalan rel dan besi rel telah dikirim PT KAI ke Garut. Sebagian disimpan di Cibatu dan segera dipasang di jalur kereta api

PT KAI Mulai Bangun Rel Cibatu-Garut, Target Beres September, Bandung-Garut Bisa Pakai Kereta Api
Tribun Jabar/Firman Wijaksana
Sejumlah warga dan petugas PT KAI melintasi eks bangunan Pasar Mawar di Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota yang sudah dibongkar, Kamis (20/6/2019). Bekas lokasi pasar itu berdiri di atas jalur rel kereta Cibatu-Garut. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

 TRIBUNJABAR.ID, GARUT- Penantian warga Kabupaten Garut untuk segera menikmati moda transportasi kereta segera terealisasi. PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah memulai pembangunan rel Cibatu-Garut.

Bantalan rel dan besi rel telah dikirim PT KAI ke Garut. Sebagian disimpan di Cibatu dan segera dipasang di jalur kereta api. Rencananya, kereta api akan diuji coba pada bulan September dari Cibatu sampai Wanaraja.

Kereta Cibatu-Garut mempunyai banyak kenangan di warga Garut. Kereta yang mulai beroperasi pada 14 Agustus 1889 dengan panjang 19 kilometer itu dijuluki 'Si Gombar'. Pada 9 Februari 1983 jalur kereta api Cibatu-Garut ditutup.

Sejak tahun lalu, PT KAI berambisi kembali menghidupkan jalur bersejarah itu. Tak main-main, semua bangunan yang berdiri di atas lahan rel harus dibongkar. Pada akhir November 2018, uang bongkar mulai diberikan kepada warga yang memiliki bangunan di atas rel.

Jalur kereta Cibatu-Garut melintasi wilayah Cibatu, Wanaraja, Karangpawitan, dan Garut Kota. Perkembangan reaktivasi jalur kereta Cibatu-Garut terhitung cepat. Di bulan ini, PT KAI tinggal membongkar bangunan yang ada di Kecamatan Garut Kota.

Reaktivasi Jalur Kereta Api Cibatu-Garut, Sudah 90 Persen Bangunan Dibongkar, Usai Idulfitri Rampung

Menhub Budi Karya Sumadi Sebut Jalur Kereta Api Cibatu-Garut Beroperasi Tahun 2020

"Pembongkaran bangunan di Kecamatan Garut Kota ditargetkan selesai pada 30 Juni. Pembongkaran sempat terkendala adanya Pemilu dan lebaran," ujar Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro saat melakukan peninjauan di Stasiun Garut, Kamis (20/6/2019).

Nantinya, warga yang menuju ke Bandung bisa menggunakan kereta dari Stasiun Garut. Jalurnya dari Stasiun Garut yang berada di Jalan Bank, Kecamatan Garut Kota menuju Stasiun Cibatu. Ada dua rencana yang disiapkan PT KAI.

Pertama menyediakan kereta dari Garut menuju Cibatu dan transit di Stasiun Cibatu. Penumpang lalu bisa menggunakan kereta dari Cibatu ke Bandung yang sudah tersedia.

Rencana kedua langsung menyediakan kereta dari Garut menuju Bandung. Bahkan Edi menyebut warga Garut bisa langsung menuju Jakarta.

Halaman
123
Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved