Bus Damri dari Bandung akan Berangkat ke Bandara Kertajati Setiap Dua Jam Sekali, Mulai Pukul 02.00

Bus Damri dari Bandung, Cikarang, Cirebon, dan Kuningan, akan diberangkatkan secara rutin menuju Bandara

Tribunjabar/Syarif Abdussalam
District Sales Manager Citylink Ari Wibowo, Executive GM Angkasa Pura II Ibut Astono, Kepala Dinas Perhubungan Jabar Hery Antasari, Direktur BIJB M Singgih, District Manager Lion Air Eva Rusmini, dan GM Damri Bandung Mursalin dalam kegiatan Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Jumat (21/6). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bus Damri dari Bandung, Cikarang, Cirebon, dan Kuningan, akan diberangkatkan secara rutin menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, setiap dua jam dalam seharinya, mulai 1 Juli 2019.

Bus tersebut untuk melayani angkutan darat warga yang akan menggunakan Bandara Kertajati dari empat daerah tersebut, atau rute sebaliknya.

General Manager Perum Damri Bandung, Mursalin, mengatakan dari Terminal Damri di Jalan Kebonkawung di Kota Bandung, Damri akan diberangkatkan mulai pukul 02.00, berlanjut tiap dua jam berikutnya Jadwal serupa diberlakukan terhadap keberangkatan dari Terminal Cikarang di Kabupaten Bekasi.

Dari Terminal Kota Cirebon dan Kabupaten Kuningan, keberangkatan dimulai setiap pukul 04.00 setiap harinya dan keberangkatan yang sama dilakukan dua jam sekali. Pemberangkatan dari dua daerah ini lebih siang karena jarak dengan Kertajati hanya menghabiskan waktu kurang dari satu jam, berbeda dengan Bandung dan Cikarang ke Kertajati yang menghabiskan waktu perjalanan dua jam.

Di keempat terminal ini terdapat lima unit bus yang masing-masing berkapasitas 40 penumpang. Dengan demikian, total bus yang beroperasi untuk melayani penumpang Bandara Kertajati ini berjumlah 20 bus. Dari Bandung dan Cikarang menuju Kertajati, akan menggunakan rute Jalan Tol Cipali.

BREAKING NEWS: KPK Bawa Daftar Gaji dan Tunjangan Dewan, Usai Geledah Kantor DPRD Kabupaten Cirebon

Mursalin mengatakan pihak Bandara Kertajati memberikan biaya operasional terhadap lima bus Damri rute Bandung-Kertajati. Karenanya, lima bus dari Bandung rencananya akan digratiskan selama sebulan, atau diberlakukan biaya setengah tarif ongkos bus untuk penambahan sampai 10 bus Bandung-Kertajati.

Mursalin mengatakan normalnya, biaya Bandung-Kertajati adalah Rp 75.000 dengan jarak tempuh 175 kilometer, harga karcis bus dari Cirebon ke Kertajati dengan jarak tempuh 65 kilometer ditarif Rp 40.000, Kuningan-Kertajati ditarif Rp 50.000, dan Cikarang-Kertajati 60.000.

"Untuk Bandung-Kertajati ada dua opsi pada tanggal 1 Juli 2019 sampai sebulan. Menggratiskan 5 unit bus, atau menambah jumlah bus sampai 10 bus. Jika 10 unit dengan keberangkatan tiap sejam sekali bisa membayar tarif setengahnya, yaitu Rp 37.500," kata Mursalin dalam kegiatan Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Jumat (21/6/2019).

Video Titiek Soeharto Tersipu karena Prabowo Subianto, Ada Juga Potret Saat Muda Duduk Berdekatan

Mursalin mengatakan sangat optimis bus tersebut tidak akan kosong penumpang karena 56 penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung akan dipindahkan ke Bandara Kertajati pada 1 Juli 2019. Diperkirakan, 2.000 penumpang per hari akan menggunakan Bandara Kertajati.

Mursalin mengatakan akan mempergunakan masa transisi pemindahan penerbangan dari Bandung ke Kertajati ini sebaik mungkin. Ada kemungkinan jika sosialisasi berhasil, katanya, peminat ke Kertajati akan semakin banyak.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved