Tahun Depan, 8 Daerah di Jawa Barat Ikut Pilkada Serentak, Ridwan Kamil Siap Naikkan Anggaran

Delapan Kabupaten dan Kota di Jawa Barat akan melangsungkan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Serentak pada 2020.

Tahun Depan, 8 Daerah di Jawa Barat Ikut Pilkada Serentak, Ridwan Kamil Siap Naikkan Anggaran
istimewa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Masjid Agung Cianjur 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Delapan Kabupaten dan Kota di Jawa Barat akan melangsungkan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Serentak pada 2020.

Delapan Kabupaten/Kota itu meliputi Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Depok.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil pun mengingatkan semua pihak untuk tetap menjaga kondusivitas Jawa Barat. Menurutnya, kondusivitas menjadi syarat terpenting untuk membangun Indonesia. Ridwan Kamil pun menyebut siap dalam hal peningkatan anggaran.

"Harapannya, delapan daerah bisa hasilkan pemimpin yang mau bekerja, bukan hanya kekuasaan untuk status saja," kata Ridwan Kamil saat menghadiri Silaturahim Bada Idul Fitri 1440 H bersama jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) se-Jawa Barat di Lapang Tenis Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Rabu (19/6/2019).

Selain pemilihan di tingkat kabupaten/kota, ucap Ridwan Kamil, masih ada  pemilihan kepala desa yang kadang kompleksisitas tak kalah dari Pilpres. Ada kampanye, intimidasi, sampai politik uang.

"Saya khawatirkan satu, jangan sampai hidup kita habis di bab kompetisi, tapi kita harus fokus di bab pengabdiannya," ucapnya.

PT KAI Resmikan Tarif KA Galunggung dan KA Pangandaran, Berikut Harga Tiket Mulai 1 Juli

Baru 3 Bulan Jadi Polisi, Anggota Polda Jabar yang Kecelakaan Usai Laga Persib Meninggal

Ketua KPU Daerah Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok mengatakan  ada tahapan sengketa Pileg 2019 pada Juli mendatang.

Menurutnya, ada sekisar 20 sengketa di tingkat kabupaten kota, 3 sengketa di tingkat DPRD Jawa Barat, dan 10 sengketa tingkat DPR RI untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat.

Maka itu, Rifqi Ali Mubarok meminta para pihak terkait menyiapkan beberapa hal untuk menghadapi proses sengketa tersebut. Tujuannya untuk menunjukkan kinerja sebagai penyelenggara pemilu terbaik.

Halaman
123
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved