Batik Air Malaysia Tergelincir, Ini Pesawat yang Dialihkan dan Ditunda Keberangkatannya

Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara, Andika Nuryaman bersama Danlanud Husein Sastranegara Bandung

Batik Air Malaysia Tergelincir, Ini Pesawat yang Dialihkan dan Ditunda Keberangkatannya
Tribunjabar/Siti Fatimah
Sejumlah penumpang melihat jadwal penerbangan melalui layar monitor di ruang tunggu Bandara Husein Sastranegara Bandung, Kamis (20/6/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara, Andika Nuryaman bersama Danlanud Husein Sastranegara Bandung, Kolonel Penerbang Bonang Bayuaji Gautama secara resmi telah membenarkan adanya pesawat yang tergelincir di runway bandara yang terletak di Jalan Padjadjaran Kota Bandung ini.

Danlanud Husein Sastranegara Bandung, Kolonel Penerbang Bonang Bayuaji Gautama mengatakan, Pesawat Malindo 301 tergelincir saat akan take off dari runway paka Kamis (20/6/2019) pukul 14.13 WIB.

"Saat akan takeoff, terjadi crash (kecelakaan di bandara), pesawat keluar dari landasan di ujung runway. Hampir semua badan pesawat keluar, hanya wing kiri setengahnya masih di runway," kata Bonang di Bandara Husein Sastranegara Bandung.

Pihaknya mengaku sudah melakukan komunikasi dengan KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) menyusul insiden tergelincirnya pesawat tujuan Bandung-Kualalumpur tersebut. Sebanyak 114 penumpang serta sejumlah kru yang terdiri dari pilot dan pramugari selamat serta tidak mengalami luka.

"Semua penumpang dan kru aman. Semua kembali ke terminal. Kami juga sudah komunikasi dengan KNKT, dan tunggu investasi lebih lanjut. Untuk penerbangan sementara kami tutup," katanya.

Ada Kejanggalan PPDB SMA di Kota Bandung, Satu Alamat Digunakan Sampai 8 Calon Siswa

Dari pantauan Tribun, akibat insiden tersebut, sejumlah penerbangan tertunda karena pesawat yang seharusnya tiba di bandara dialihkan ke Bandara Soekarno Hatta dan Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Berikut daftar penerbangan yang mengalami penundaan di Bandara Husein Sastranegara Bandung dari pantauan Tribun di layar monitor Bandara;

-Wings Air (IW 1720) Jakarta Halim Perdanakusuma-Bandung
-Citilink (QG) 813 Medan-Bandung
- Lion Air (JT905) Denpasar-Bandung
- Lion Air (JT 950) Batam-Bandung
- Lion Air (JT 902) Medan-Bandung
- Lion Air (JT 883) Makasar-Bandung
- Citilink (QG 824) Surabaya-Bandung
- Lion Air (JT 961) Denpasar-Bandung
- Citilink (QG 816) Palembang-Bandung
- Citilink (QG 1994) Jakarta Halim Perdana Kusuma-Bandung

Buaya Sungai Lakar Memangsa Manusia, Warga Pendatang Diminta Jaga Sopan Santun di Daerah Situ

Hingga pukul 17.30, operasional penerbangan bandara belum bisa dilakukan. Dari pengumuman atau informasi yang disampaikan petugas bandara melalui pengeras suara, aktivitas diperkirakan akan kembali normal sekitar pukul 19.30 WIB.

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Ichsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved