Kolam Retensi di Kelurahan Cisurupan Kota Bandung Ditargetkan Rampung Agustus 2019

Pembangunan proyek yang diberi nama Wetland Park tersebut, sebagai salah satu upaya penanganan permasalahan banjir yang kerap melanda Kota Bandung

Kolam Retensi di Kelurahan Cisurupan Kota Bandung Ditargetkan Rampung Agustus 2019
Tribun Jabar/Cipta Permana
Wali Kota Bandung, Oded M Danial meresmikan pembangunan dan mencoba ekskavator mini di lokasi proyek kolam retensi RW 08 Kampung Cigupakan, Kelurahan Cisurupan, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Kamis (20/6/2019) . 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung tengah membangun ruang terbuka hijau (RTH), berupa taman dan kolam penampungan air atau retensi seluas 10 hektare di RW 08 Kampung Cigupakan, Kelurahan Cisurupan, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung.

Pembangunan proyek yang diberi nama Wetland Park tersebut, sebagai salah satu upaya penanganan permasalahan banjir yang kerap melanda wilayah Kota Bandung ketika musim hujan.

Wetland Park yang akan memiliki 12 kolam itu, selain difungsikan sebagai kolam retensi yakni tempat parkir air yang mengalir di Sungai Ciloa yang merupakan Sub DAS Cinambo, juga akan menjadi salah satu lokasi destinasi wisata edukasi baru yang ada di Bandung wilayah timur.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial yang meninjau langsung lokasi sekaligus meresmikan tanda dimulainya proyek pembangunan mengatakan, dipilihnya lokasi RTH tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan. Yaitu menghambat limpasan arus air di aliran Sungai Ciloa ke Sub DAS Cinambo dan wilayah Kecamatan Gedebage.

“Dari gambar dan perencanaannya, Mang Oded sudah jatuh cinta. Insya Allah pembangunan Wetland Park ini bisa berjalan dengan baik. Apalagi nanti fungsinya bukan cuma kolam retensi tapi juga tempat wisata dan edukasi yang dikelola dengan konsep swakelola oleh masyarakat sekitar sini,” ujarnya usai meninjau lokasi perkembangan pembangunan, Kamis (20/6/2019).

Atasi Banjir Bandung Selatan, Ridwan Kamil : Pemerintah Masih Mencicil Bangun Sejumlah Kolam Retensi

Oded menuturkan, memperbanyak jumlah kolam retensi di Kota Bandung, merupakan salah satu program prioritasnya bersama Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana
dalam menata Kota Bandung yang lebih baik dimasa depan, terutama mengatasi persoalan banjir.

“Kita akan perbanyak kolam retensi untuk menampung air hujan dari atas. Kita akan mencari lagi potensi-potensi tanah seperti ini,” ucapnya.

Disinggung mengenai anggaran proyek tersebut, Oded mengaku tidak ada alokasi khusus yang disiapkan.

Saat ini pihaknya melakukan swakelola dengan memanfaatkan cadangan material yang ada di Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung.

Halaman
123
Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved