Ridwan Kamil Bakal Bangun Hotel Terapung di Waduk Jatiluhur, Mencontoh di Maladewa

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku akan memaksimalkan potensi air di Waduk Jatiluhur ini kearah pariwisata.

Ridwan Kamil Bakal Bangun Hotel Terapung di Waduk Jatiluhur, Mencontoh di Maladewa
haryanto/tribun jabar
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat survei Waduk Jatiluhur, Purwakarta untuk mengembangkan potensi wisata pada Rabu (19/6/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pemerintah Provinsi Jawa Barat berniat meningkatkan potensi wisata di Waduk Ir Djuanda atau yang lebih dikenal sebagai Waduk Jatiluhur, Purwakarta.

Sebagai pengelola kawasan waduk Jatiluhur, Perum Jasa Tirta II bersepakat dengan Pemprov Jabar akan mengembang sektor pariwisata air di wilayah tersebut.

Dengan demikian jalur hidrologi yang dimiliki Jabar ini memiliki nilai tambah, selain menjadi pembangkit listrik tenaga air (PLTA), sumber air baku, dan pertanian.

Karena memiliki eksotika yang tidak dimiliki daerah lain, waduk buatan seluas 8.300 hektare itu memiliki pemandangan yang indah karena dikelilingi pegunungan bebatuan.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku akan memaksimalkan potensi air di Waduk Jatiluhur ini ke arah pariwisata.

Sebab menurut dia, saat ini waduk terbesar di Asia tersebut sektor wisatanya belum tergali secara maksimal.

"Unsur air itu bisa multidimensi, fungsi air sebagai irigasi dan air minum sudah (maksimal), tapi air sebagai pariwisata belum maksimal," kata Ridwan Kamil saat melakukan kunjungan sekaligus survei lokasi strategis pariwisata di Waduk Jatiluhur, Purwakarta pada Rabu (19/6/2019).

Kurangnya sektor wisata itu terlihat dari kurang maksimalnya pendapat Pemda Purwakarta termasuk ke perusahaan dari sektor hotel dan restoran.

Guna meningkatkan kualitas pariwisata di Waduk Jatiluhur, pria yang akrab disapa Kang Emil itu akan mengadakan acara-acara tertentu terkait perairan.

Halaman
12
Penulis: Haryanto
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved