Damkar Cimahi: Jangan Nyalakan Api di Sekitar Lahan Ilalang Selama Musim Kemarau

Komandan Regu Damkar Kota Cimahi, Indrahadi, mengatakan saat memasuki musim kemarau, berupaya untuk antisipasi kebakaran ilalang dan pembakaran sampah

Damkar Cimahi: Jangan Nyalakan Api di Sekitar Lahan Ilalang Selama Musim Kemarau
Dokumentasi Tribun Jabar
Api merembet dengan cepat, melalap lahan ilalang dan pohon bambu di puncak Gunung Sadu, Soreang, Kabupaten Bandung pada Jumat (15/9/2017) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI- Memasuki musim kemarau tahun ini, kebakaran ilalang dan kebakaran rumah akibat pembakaran sampah menjadi perhatian khusus petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cimahi.

Selama musim kemarau, rawan terjadi kebakaran di Kota Cimahi.

Berdasarkan data dari Pemadam Kebakaran Kota Cimahi, pada tahun 2018 telah terjadi 90 kebakaran dan 28 di antaranya terjadi saat musim kemarau yakni, kebakaran ilalang dan kebakaran di lahan kosong akibat pembakaran sampah tersebut.

Komandan Regu Damkar Kota Cimahi, Indrahadi, mengatakan saat memasuki musim kemarau, pihaknya akan berupaya untuk antisipasi kebakaran ilalang dan pembakaran sampah tersebut dengan melakukan sosialisasi dan monitoring wilayah.

"Betul saat musim kemarau memang rawan terjadi kebakaran ilalang dan kebakaran akibat pembakaran sampah tapi kami telah melakukan antisipasi," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (19/6/2019).

2 Hektare Lahan Pertanian di Kabupaten Bandung Kekeringan dan 93 Hektare Lainnya Terancam

Fakta Baru, Pengakuan Bocah yang Ikut Nobar Adegan Ranjang Pasutri di Tasikmalaya, Bayar Rp 1.000

Menurutnya, kebakaran ilalang saat musim kemarau biasanya terjadi akibat faktor cuaca panas yang menyebabkan ilalang menjadi kering, sehingga sangat mudah terbakar dan apinya cepat membesar karena hembusan angin kencang.

"Jadi untuk antisipasi itu kami sosialisasi ke warga, jangan sampai menyalakan api di sekitar lahan ilalang karena sekecil apapun api pasti bisa membakar ilalang yang sudah kering," katanya.

Atas hal tersebut, kata Indrahadi, sosialisasi tentang bahaya kebakaran perlu dilakukan, karena selain faktor cuaca panas, kelalaian manusia juga menjadi penyebab kebakaran tersebut.

Berkaca pada tahun lalu, lanjutnya, kebakaran ilalang kerap terjadi di wilayah Cimahi Selatan yang memang banyak terdapat lahan ilalang dan lahan kosong yang digunakan untuk pembakaran sampah.

"Pada tahun lalu memang kebakaran ilalang banyak terjadi di wilayah Cimahi Selatan, seperti di Gunung Bohong dan di daerah Brigif, sisanya terjadi di pemukiman padat penduduk," ucapnya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved