BPBD Pastikan Kabupaten Bandung Belum Mengalami Bencana Kekeringan

Meski begitu, BPBD Kabupaten Bandung akan bersiaga untuk mengantisipasi ancaman bencana kekeringan selama musim kemarau 2019.

BPBD Pastikan Kabupaten Bandung Belum Mengalami Bencana Kekeringan
Tribun Jabar/ Hakim Baehaqi
Situ Sipatahunan di Kampung Sipatahunan, Kelurahan Baleendah, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, mengalami penyusutan volume air hingga 50 persen selama musim kemarau 2018. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Bandung memastikan bencana kekeringan belum terjadi di wilayah Kabupaten Bandung.

Meski begitu, BPBD Kabupaten Bandung akan bersiaga untuk mengantisipasi ancaman bencana kekeringan selama musim kemarau 2019.

Di tahun-tahun sebelumnya, bencana kekeringan kerap melanda di Kabupaten Bandung sehingga banyak warga kesulitan mendapatkan pasokan air bersih, ancaman gagal panen, kebakaran hutan, hingga wabah penyakit.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung, Sudrajat, mengatakan pihaknya belum mendapatkan laporan adanya bencana kekeringan yang terjadi di Kabupaten Bandung.

"Kami setiap waktu koordinasi dengan pihak pemerintah daerah setempat," kata Sudrajat kepada Tribun Jabar, Rabu (19/6/2019).

Bupati Indramayu Supendi Tinjau Pintu Air BKHR 4 yang Sempat Jebol, Ini Kondisi Terbarunya

Selama Ramadan, Terjadi 28 Peristiwa Kebakaran di Kabupaten Bandung, Kebanyakan Korsleting Listrik

Di Kabupaten Bandung, beberapa daerah yang biasa dilanda bencana kekeringan, yakni Kecamatan Soreang (Pamekaran, Parung Serab, Sukanagara, dan Sekarwangi), Kecamatan Cangkuang (Nagrag), Kecamatan Pacet, Kecamatan Cikancung (Ciluluk), Kecamatan Nagreg, Kecamatan Cileunyi, dan Kecamatan cilengkrang.

Sudrajat mengatakan, biasanya bencana kekeringan di Kabupaten Bandung, tidak hanya melanda kawasan pertanian melainkan kawasan perkampungan dan kompleks perumahan.

"Tanda-tanda kekeringan, banyak mengajukan permohonan air bersih, sekarang belum ada," katanya.

Selain Kabupaten Bandung, data Dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), beberapa wilayah di Jawa Barat diprediksi dilanda bencana kekeringan, yakni, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Cirebon.

Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Herizal, mengatakan, musim kemarau berkaitan erat dengan peralihan angin baratan (monsun Asia) menjadi angin timuran (monsun Australia).

"Masyarakat bahwa perlu diwaspadai wilayah-wilayah yang mengalami musim kemarau lebih awal dan mulai terjadi sejak April 2019," kata Herizal beberapa waktu lalu.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved