Waspadai Nyeri Sendi Lutut, Santosa Hospital Bandung Central Bisa Atasi Pakai Total Knee Replacement

Meski nyeri dirasakan di sekitar lutut, karena bagian tubuh ini sebagai penyangga atau tempat berpijak atau berdiri, ada juga pasien yang merasakan

Waspadai Nyeri Sendi Lutut, Santosa Hospital Bandung Central Bisa Atasi Pakai Total Knee Replacement
Istimewa
Waspadai Nyeri Sendi Lutut, Santosa Hospital Bandung Central Bisa Atasi Pakai Total Knee Replacement 

TRIBUNJABAR.ID- Tanpa disadari mungkin sebagian orang kerap merasakan nyeri sendi terutama di bagian lutut. Ada yang menganggap nyeri tersebut akibat kesemutan, kelelahan, atau asam urat.

Kondisi seperti ini bila kerap dirasakan apalagi bila nyeri yang dirasakan cukup hebat atau tak tertahankan, harus segera ditangani. Bisa saja kondisi tersebut adalah kerusakan permukaan sendi akibat artritis.

Wahyu Riansyah dr SpOT MKes, Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Santosa Hospital Bandung Center mengatakan, cukup banyak orang yang tidak menyadari adanya kelainan sendi terutama pada lututnya. Pasien baru datang setelah merasakan nyeri tak tertahankan.

Pasien yang mengalami hal ini biasanya disebabkan radang sendi atau osteoarthritis. Pasien yang mengalami osteoarthritis akan sering merasakan nyeri pada sendi yang terkena kekakuan sendi.

Gejala yang dialami setiap pasien berbeda- beda. Meski nyeri dirasakan di sekitar lutut, karena bagian tubuh ini sebagai penyangga atau tempat berpijak atau berdiri, ada juga pasien yang merasakan keluhan di bagian lain semisal di pinggang.

"Karena saat berjalan biomekanik tubuh itu dari engkel lutut dan pinggang," katanya.

Santosa Hospital Gelar Seminar Kesehatan tentang Mengatasi Nyeri Leher Tanpa Pembedahan

RS Santosa Kopo Terima Ambulans dari BRI Dewi Sartika

Untuk tingkat nyeri, ucapnya, setiap orang juga punya rasa ambang nyeri yang berbeda beda. Ada alat ukur untuk memeriksa atau menilai derajat nyeri seseorang. Dari pemeriksaan ini juga bisa dilakukan tindakan selanjutnya bagi pasien.

Salah satu tindakan mengatasi radang sendi yang sudah perlu penanganan khusus adalah total knee replacement atau TKR.

-
- (Istimewa)

TKR adalah prosedur operasi penggantian sendi lutut yang tidak normal dengan material buatan. Ini merupakan tindakan pembedahan umum yang dilakukan untuk mengobati pasien dengan nyeri dan immobilisasi yang disebabkan osteoartritis dan rheumatoid arthritis.

"Secara singkat, TKR adalah suatu tindakan operasi dengan cara menggganti sendi lutut yang sudah rusak dengan menggunakan sendi lutut artuvisial atau buatan," katanya.

Halaman
12
Penulis: Siti Fatimah
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved