Komunitas

Minat Baca Anak Indonesia Ketinggalan Jauh, Komunitas Vlogkamling Keliling Mendongeng

Kegiatan yang dilakukan oleh vlogkamling tak jarang membuat generasi muda masa kini dan orang tua tertarik untuk bisa belajar soal story telling.

Minat Baca Anak Indonesia Ketinggalan Jauh, Komunitas Vlogkamling Keliling Mendongeng
Istimewa
Anggota Vlogkamling saat membacakan dongeng dengan ekspresi wajah. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Banyak cara kreatif yang dilakukan oleh generasi masa kini untuk meningkatkan minat membaca generasi penerusnya.

Misalnya saja membangun perpusatakaan membaca keliling seperti yang dilakukan oleh Komunitas Vlogkamling.

Komunitas yang berfokus pada kegiatan mendongeng keliling, pelatihan dongeng, dan penyaluran hasil penggalangan dana dari kegiatan mendongeng kepada anak korban bencana alam dan anak jalanan ini diadakan karena melihat minat membaca yang buruk di Indonesia.

"Minat baca di Indonesia ketinggalan jauh dari negara lain. Oleh karena itu kami memilih buku cerita sebagai media untuk awalnya karena anak lebih dekat dengan buku cerita dibandingkan dengan buku pelajaran," ujar Rezania Fitria, penggagas Vlogkamling saat ditemui Bandung Creative Hub, Jalan Laswi, Selasa (17/7/2019).

Hasil Sidang Sengketa Pilpres 2019 Kedua, KPU Sebut Kubu 02 Mengada-ada, Bawaslu Bahas Jabatan Maruf

Wanita lulusan Unpad jurusan Sastra Arab ini mengatakan untuk proses komunikasi kepada anak yang harus dipersiapkan adalah target usianya, daya tangkap, keadaan lingkungan, dan bahasa.

"Misalnya saja untuk daerah pelosok harus menggunakan bahasa daerah. Anak yang masih tk cerita yang dibacakan soal binatang dan fabel. Untuk remaja biasanya cerita yang lebih realistis seperti sejarah dan pahlawan," ujar wanita yang akrab disapa Zaa.

Selain itu juga ketika akan membuat story telling dalam bentuk pertunjukan, Zaa mengtakan harus membuat script untuk menjadi tuntunan.

Vlogkamling saat mengadakan Kelas Dongeng di Bandung Creative Hub.
Vlogkamling saat mengadakan Kelas Dongeng di Bandung Creative Hub. (Istimewa)

Hal ini bertujuan untuk membangun interaksi dua arah supaya anak bisa terlibat dalam cerita.

Kegiatan yang dilakukan oleh vlogkamling tak jarang membuat generasi muda masa kini dan orang tua tertarik untuk bisa belajar soal story telling.

Dengan belajar story telling banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh anak dan orang tua seperti membangun ikatan emosional yang lebih kuat dan kemampuan anak dalam berbicara semakin aktif.

"Iyaa banyak sih orang tua yang tertarik tapi ada juga orang tua yang enggak mau ribet. Kalau yang tertarik bisa ikut kelas dongeng yang aku buat di grup whatsapp," ujarnya.

Amsor Pemicu Tabrakan Maut di Tol Cipali Masih Dirawat di RS Mitra Plumbon Cirebon, Kritis

Menariknya dari kelas dongeng ini adalah anggotanya akan diajak untuk belajar soal cara memasuki dunia anak.

"Praktiknya mudah cuma bikin voice note dan bilang 'pada suatu hari' dengan nada bercerita. Ada juga yang membuat story bagaimana kegiatan waktu sedang mendongeng," ujarnya.

Hal yang terlihat mudah ini nyatanya tak semudah yang dilihat karena ketika mendongeng Anda harus mempelajari soal nada tinggi rendahnya suara, perubahan suara, dan mimik wajah.

Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved