PPDB SMA di Jabar

Ini Penyebab Hari Pertama PPDB SMA 2019 Membeludak di SMAN 1 Bandung, Besok Bisa Membeludak Lagi

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA Negeri 1 Kota Bandung membeludak, Senin (17/6/2019).

Ini Penyebab Hari Pertama PPDB SMA 2019 Membeludak di SMAN 1 Bandung, Besok Bisa Membeludak Lagi
Tribunjabar.id/Syarif Pulloh Anwari
Pendaftaran hari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA Negeri 1 Kota Bandung, Senin (17/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA Negeri 1 Kota Bandung membeludak, Senin (17/6/2019).

Dari pantauan Tribun Jabar dilokasi, sekitar pukul 07.30 WIB, nampak sejumlah orangtua dan siswanya sudah mengantre untuk mengambil nomor antrean.

Sekretaris PPDB SMAN 1 Kota Bandung, Rikki M Ramdhani mengatakan para orangtua siswa sudah ada yang datang ke sekolahnya dari pukul 04.30 WIB pagi hari.

Padahal PPDB SAM dibuka sekitar pukul 08.00 WIB.

Kepsek SMAN 1 Purwakarta : Untuk PPDB Semua Diperlakukan Sama, Termasuk Bupati Purwakarta

"Tadi mereka sudah datang, ada yang jam 04.30 WIB juga sudah datang, yang mengantre sekarang sudah kira-kira 300-an lah pendaftar," Ujar Rikki kepada Tribun Jabar di SMAN 1 Kota Bandung, Senin (17/6/2019).

Rikki mengaku penyebab membeludaknya pendaftar dihari pertama pendaftaran PPDB lantaran karena ada persepsi orangtua tua siswa ada satu poin kebijakan yang menjelaskan bahwa nanti saat diseleksi peserta yang memiliki nilai sama, yang dahulu mendaftar akan diterima.

Hal itu keliru dipahami orangtua siswa yang ingin mendaftar.

"kan di zonasi jarak maka yang diperhitungkan itu jarak, bukan waktu pendaftaran, kalau pada batas yang sama ada jarak yang sama, maka dilihat waktu pendaftarannya. Jadi bukan berarti kalau daftar hari pertama bakal diterima, bukan, kalau jaraknya jauh tetap saja," Ujarnya.

Padahal Menurut Rikki, pihaknya sebelum membuka pendaftaran PPDB SMA sudah mensosialisasikan terkait aturan PPDB SMA tersebut

Tahun Ini, SMAN 1 Soreang Kabupaten Bandung Terima 400 Siswa Baru Melalui PPDB

"Padahal kita sudah sosialisasi, tanggal 11 Juni kemarin, yang kami undang itu smp-smp tertentu yang dekat sini tapi mengundang siswa yang ada di situ, orang tua siswa ada di situ, kemudian kami juga mengundang dari kelurahan dan kecamatan," ujarnya.

Sementara itu, dipapan pengumuman di SMAN 1 Kota Bandung, nampak sebuah beberapa kertas yang bertuliskan bahwa kuota siswa di SMAN 1 Kota Bandung menerima siswa sebanyak 340 siswa dibagi untuk jalur Zonasi Jarak sebanyak 186 siswa, jalur Zonasi Kombinasi 51 siswa, jalur KETM sebanyak 68siswa, jalur perpindahan sebanyak 17 siswa, jalur prestasi non NHUN 9 siswa, dan jalur prestasi NHUN sebanyak 9 siswa.

Catat Nih! Tanggal Penting PPDB SMA, Kapan Jadwal Pendaftaran Ditutup dan Pengumuman Hasil?

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved