Banyak Pendaki Keluhkan Soal Pungli di Gunung Guntur Garut, Polisi Langsung Cek ke Lokasi

Dugaan pungutan liar (Pungli) yang kerap dikeluhkan pendaki di Gunung Guntur, Kabupaten Garut

Banyak Pendaki Keluhkan Soal Pungli di Gunung Guntur Garut, Polisi Langsung Cek ke Lokasi
Tribunjabar/Firman Wijaksana
Petugas kepolisian meminta keterangan kepada pendaki di Gunung Guntur terkait dugaan adanya pungutan liar yang kerap menimpa para pendaki, Senin (17/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Dugaan pungutan liar (Pungli) yang kerap dikeluhkan pendaki di Gunung Guntur, Kabupaten Garut direspon Polsek Tarogong Kaler. Petugas Polsek melakukan pemeriksaan di jalur pendakian Gunung Guntur.

"Ini banyak keluhan masuk. Katanya banyak pungli di sini ke pendaki. Makanya kami langsung bergerak untuk memantau kondisi di lapangan," ujar Kapolsek Tarogong Kaler, Ipda Asep Saepudin usai memeriksa kawasan pendakian Gunung Guntur, Senin (17/6/2019).

Pungli yang kerap kali dikeluhkan para pendaki terjadi sepanjang jalur pendakian menuju puncak atau area kemping. Pihaknya melakukan penertiban agar tak terjadi pungli kepada pendaki.

"Kami juga dibantu Koramil Tarogong untuk cek ke warga di kawasan pendakian. Kami beri imbauan agar bisa saling menjaga kenyamanan kepada pendaki. Begitu juga sebaliknya," ucapnya.

Asep menyebut dalam operasi tersebut pihaknya belum menemukan adanya indikasi pungutan liar oleh oknum masyarakat sekitar. Namun keluhan dari pendaki memang ada.

Kebab Durian Kekinian, Bisnis Kuliner Rumahan Kebab Durian Montok Hasilkan Rp 7 Juta Perhari

"Ada memang pendaki yang cerita soal pungli. Tapi dia juga cuma dapat kabar dan belum terjadi. Kami juga minta masyarakat bisa saling ingatkan kalau ada indikasi pungli," katanya.

Pemeriksaan ke lokasi jalur pendakian, lanjutnya, sebagai respon cepat banyaknya keluhan. Terutama di media sosial. Hanya saja selama ini belum ada yang melaporkan resmi indikasi pungutan liar.

"Ini langkah antisipasi adanya dugaan pungli. Utamanya memberikan rasa aman dan nyaman kepada para wisatawan," ujarnya.

PSGC Ciamis Siap Jamu Sekaligus Taklukkan Persita Tangerang pada Laga Perdana Liga 2

Asep menegaskan akan terus melaksanakan kegiatan penertiban dan pemantauan di kawasan Gunung Guntur. Jika sudah tumbuh kesadaran wisata, masyarakat juga akan paham dampak terjadinya pungutan liar.

"Jangan sampai ada lagi keluhan dari pihak manapun yang datang dan berwisata ke Gunung Guntur. Apalagi sudah dikenal luas," katanya.

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved