Pilpres 2019

Temui Zulkifli Hasan, Sandiaga Uno Bantah Hubungan dengan Partai Koalisi Retak

Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan dan cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno, menegaskan hubungannya dengan koalisi pendukung Prabowo - S

CHRISTOFORUS RISTIANTO/KOMPAS.com
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasandi Rumah dinasnya di Jalan Widya Chandara 4 No. 16, Jakarta Selatan, Sabtu (1/6/2019). 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan dan cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno, menegaskan hubungannya dengan koalisi pendukung Prabowo - Sandiaga Uno tidak retak.

Hal itu disampaikan Sandiaga Uno bertemu Zulkifli Hasan di kediaman pribadi Zulkifli Hasan, Cipinang, Jakarta Timur, Sabtu (15/6/2019).

Seusai pertemuan, Zulkifli Hasan mengatakan pertemuan tersebut digelar sebagai ajang silaturahim setelah Lebaran.

Namun, Zulkifli Hasan tak menjawab secara lugas saat ditanya apakah pertemuan tersebut juga membahas kelanjutan koalisi parpol pendukung Prabowo Subianto - Sandiaga Uno pasca Pilpres 2019.

"Ya pokoknya silaturahim lah," ujar Zulkifli Hasan.

"(Hubungan) Enggak retak kok," kata Sandiaga Uno.

Menjadi Oposisi atau Gabung Koalisi Pemerintah, PAN Tentukan Sikap Setelah Sidang MK Selesai

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan menilai bahwa secara de facto partainya tak lagi berada di koalisi parpol pendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Hal itu ia ungkapkan saat ditanya mengenai sikap partainya terkait koalisi pasca-Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019.

"Secara de facto ini kan keberadaan kami di BPN, koalisi Prabowo Sandi sudah selesai sebetulnya," ujar Bara di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2019).

Menurut Bara, internal partainya telah mulai membicarakan mengenai langkah apa yang akan diambil selama lima tahun ke depan, tetap berada di oposisi atau bergabung dengan koalisi parpol pendukung pemerintah.

Ia mengatakan, kemungkinan PAN bergabung dengan koalisi pendukung pemerintah sangat besar.

"Jadi sudah mulai ada pembicaraan mengenai langkah berikutnya bagi PAN, apa yang terbaik bagi PAN, posisi kita, dari sekarang sampai 5 tahun ke depan bagaimana baiknya," kata dia.

"Dan kemungkinan bergabung dengan pemerintahan besar sekali," ucapnya.

Kendati demikian, lanjut Bara, sikap resmi PAN terkait koalisi baru akan ditentukan dalam forum resmi, yakni Rapat Kerja Nasional (Rakernas).

"Ya nanti ada (pembahasan secara resmi), kita kan punya mekanisme di Rakernas," kata Bara.

(Kompas.com/Kristian Erdianto)

Sandiaga Uno Ingatkan Para Pendukungnya Agar Hormati Proses Sengketa Hasil Pilpres di MK

Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved