Janji Segera Perbaiki Jalan Citengah-Cisoka, Pemkab Sumedang Sebut Sedang Proses Lelang Proyek

Jalan Citengah-Cisoka memiliki panjang tujuh kilometer, namun yang baru diperbaiki hanya 3,3 kilometer, yakni dimulai dari Desa Citengah hingga Curug

Janji Segera Perbaiki Jalan Citengah-Cisoka, Pemkab Sumedang Sebut Sedang Proses Lelang Proyek
tribunjabar/hakim baihaqi
Jalan Citengah-Cisoka, Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Pemkab Sumedang, masih melakukan proses lelang untuk pengerjaan perbaikan ruas Jalan Citengah-Cisoka, Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, yang mengalami kerusakan berat.

Jalan Citengah-Cisoka memiliki panjang tujuh kilometer, namun yang baru diperbaiki hanya 3,3 kilometer, yakni dimulai dari Desa Citengah hingga Curug Cigorobog, pada 2017.

Sedangkan dari Curug Cigorobog hingga Dusun Cisoka, sepanjang empat kilometer, kondisinya masih rusak berat.

10 Desa di Kabupaten Cirebon Masih Masuk Zona Rawan Pangan

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataraan Ruang (PUPR) Kabupaten Sumedang, Bambang Rianto, mengatakan bahwa saat ini proyek perbaikan jalan tersebut masih dalam proses lelang di Bidang Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda Kabupaten Sumedang.

"Setelah lelang selesai, akan langsung diperbaiki pada tahun ini," kata Bambang melalui pesan singkat, Minggu (16/6/2019).

Kepala Seksi Perencanaan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sumedang, Hary Bagia, mengatakan bahwa proses perbaikan jalan tidak akan menggunakan hotmix seperti pengerjaan sebelumnya, melainkan akan dirigid beton, supaya lebih tahan lama.

Ia menambahkan, bila material tersebut menggunakan aspal hotmix, dikhawatirkan akan kembali cepat mengelupas dan rusak dalam waktu yang lebih singkat, karena faktor cuaca ekstrim di wilayah Cisoka.

"Curah hujan di wilayah tersebut relatif cukup tinggi, itu menjadi faktor jalan aspal cepat rusak," katanya.

Jalan Cisoka Citengah di Sumedang Bakal Dibeton, Tak Hilangkan Kearifan Lokal Dusun Cisoka

Beberapa waktu lalu, warga Dusun Cisoka, Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, menuntut pemerintah untuk melakukan perbaikan akses jalan di kampung tersebut yang rusak selama bertahun-tahun.

Berjarak 26 kilometer dari pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang, bukan hal yang mudah untuk bisa sampai di Dusun Cisoka, karena harus melewati jalan rusak bebatuan tanpa pembatas jalan terlebih dulu.

Selain itu, jalan sebelum Dusun Cisoka tampak gelap terutama pada malam hari karena tidak ada penerangan jalan umum (PJU). Di daerah tersebut juga tidak terlihat pemukiman warga.

Kondisi jalan yang gelap membuat warga khawatir terperosok saat berjalan menuju wilayah Sumedang kota pada malam hari.

Dusun Cisoka Bakal Dijadikan Contoh Kampung Mandiri - Gunakan Tenaga Kincir Air untuk Aliran Listrik

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved