Turut Awasi PPDB, Ombudsman RI Jabar Siap Optimalkan Layanan Pengaduan Warga

Turut mengawasi pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) setiap tahun, Ombudsman

Turut Awasi PPDB, Ombudsman RI Jabar Siap Optimalkan Layanan Pengaduan Warga
tribunjabar/hilda rubiah
Kepala Ombudsman Perwakilan Jawa Barat Haneda Sri Lastoto 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilda Rubiah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Turut mengawasi pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) setiap tahun, Ombudsman mengoptimalkan pelayanan pengaduan masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Ombudsman Perwakilan Jawa Barat Haneda Sri Lastoto, kepada Tribun Jabar, Sabtu (15/6/2019).

Ia mengatakan tercatat Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat menerima laporan kasus pendidikan 2014 sebanyak 11 laporan, 2015 sebanyak 13 laporan, 2016 sebanyak 31 laporan, 2017 sebanyak 8 laporan, dan 2018 menerima sebanyak 23 laporan.

Haneda mengatakan, berkaca pada data laporan tersebut, laporan pendidikan yang diterima terbanyak pihaknya adalah kasus dugaan maladministrasi.

Termasuk pada 2018 muncul laporan mengenai penyelanggaraan PPDB.

"Adanya praktek kecurangan dan penyalahgunaan kewenangan oleh penyelenggara PPDB sehingga calon siswa yang seharusnya mendapatkan kursi/bangku sekolah tersingkirkan atas kecurangan itu," ujar Kepala Ombudsman Perwakilan Jawa Barat, Haneda Sri Lastoto, kepada Tribun Jabar, Sabtu (15/6/2019).

Oleh sebab itu pihaknya melakukan koordinasi dan strategi dengan Dinas Pendidikan Jawa Barat dalam rangka mengantisipasi dampak penyelenggaraan PPDB 2019.

Ombudsman secara khusus dalam even-even nasional seperti PPDB di tahun 2019 ini turut mengantisipasi calon siswa yang menjadi korban kecurangan.

Ini Barang-barang Milik Setya Novanto yang Diangkut dari Lapas Sukamiskin ke Rutan Gunung Sindur

Ia menghimbau bagi calon siswa yang merasa mengalami kecurangan melaporkan atas ketidakadilan yang dialami ke help desk atau internal complain handeling penyelenggara PPDB.

Halaman
123
Penulis: Hilda Rubiah
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved