Setya Novanto Plesiran

Setya Novanto di Rutan Gunung Sindur, Bukan di Lapas Gunung Sindur, Huni Kamar Observasi Blok A

Terpidana kasus korupsi KTP elektronik Setya Novanto alias Setnov, dipindahkan dari Lapas Sukamiskin

Setya Novanto di Rutan Gunung Sindur, Bukan di Lapas Gunung Sindur, Huni Kamar Observasi Blok A
Kolase Tribun Jabar
Setya Novanto 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG -‎ Terpidana kasus korupsi KTP elektronik Setya Novanto alias Setnov, dipindahkan dari Lapas Sukamiskin. Saat ini, ia berada di Rutan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, bukan di Lapas Gunung Sindur.

"Saat ini dia di Rutan Gunung Sindur, di kamar observasi di blok A," ujar Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Jabar, Abdul Aris via ponselnya, Sabtu (15/6/2019).

Setnov dipindahkan pada Jumat (14/6/2019) dari Lapas Sukamiskin, buntut beredarnya foto dirinya bersama perempuan diduga istrinya, jalan-jalan di galeri keramik House of Roman, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Keputusan pemindahan diputuskan Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jabar, Liberti Sitinjak.

"Meski di Rutan Gunung Sindur, pengamanan yang berlaku tetap maximum security," ujar dia.

Rutan Gunung Sindur masih berada satu komplek dengan Lapas Gunung Sindur.

Melihat fungsinya, Rutan tidak diperuntukkan untuk seseorang yang sudah divonis bersalah oleh pengadilan. Melainkan untuk setiap orang yang sedang masih menjalani pemeriksaan penyidikan baik di tingkat kepolisian, kejaksaan maupun pengadilan. Lantas, apakah akan dipindah ke Lapas Gunung Sindur?

Heboh Tagar #TangkapRahmatBaequni, Begini Tanggapan Ustaz Rahmat Baequni, Sebut Buzzer Bayaran

"Akan dilakukan evaluasi dulu. Untuk selanjutnya dipindah ke Lapas Gunung Sindur, itu keputusan pimpinan dimana ditempatkan," ujarnya.

Liberti Sitinjak mengatakan Setnov meminta izin keluar lapas pada 12 Juni karena dokter Lapas Sukamiskin merekomendasikan untuk rawat inap. Itupun dikawal petugas lapas dan polisi. Setnov baru kembali ke Lapas Sukamiskin pada Jumat (14/6) pukul 19.00.

"Tanggal 12 Juni saya sempat cek ke RS Santosa. Dia memang ada, kondisinya diinfus di lengan kanan. Dia baru kembali hari ini, lalu saya dapat laporan dia ke Padalarang. Setibanya di Lapas Sukamiskin langsung kami periksa, BAP," ujar Sitinjak.

Bukan Hendak Naik Pesawat, Sejumlah Warga Ini Sambangi Bandara Kertajati Hanya untuk Berwisata

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved