Selama 6 Bulan di Garut Terjadi 49 Kali Kebakaran, Warga Diminta Waspada ke Depan Musim Kemarau

Selama enam bulan di tahun 2019, jumlah kasus kebakaran di Kabupaten Garut mencapai 49 kali.

Selama 6 Bulan di Garut Terjadi 49 Kali Kebakaran, Warga Diminta Waspada ke Depan Musim Kemarau
Tribun Jabar/Mega Nugraha
ilustrasi kebakaran 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Selama enam bulan di tahun 2019, jumlah kasus kebakaran di Kabupaten Garut mencapai 49 kali. Memasuki musim kemarau, Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) pun meminta masyarakat untuk lebih waspasa terhadap potensi kebakaran.

Kepala Disdamkar Garut, Aji Sukarmadji mengatakan, setiap pergantian musim dari musim hujan ke musim kemarau potensi kebakaran selalu meningkat. Terutama di daerah padat penduduk.

"Seperti kemarin di Kelurahan Paminggir itu kan di permukiman padat penduduk. Masih bisa cepat diatasi sebelum menyebar ke rumah lainnya," ujar Aji di Kantor Disdamkar, Jalan Merdeka, Jumat (14/6).

Hingga pertengahan tahun 2019, sudah terjadi 49 kasus kebakaran di Garut. Namun jumlah tersebut mengalami penurunan dibanding tahun lalu sebanyak 60 kasus kebakaran pada semester yang sama.

"Kerugian dari puluhan kebakaran itu mencapai puluhan miliar rupiah," katanya.

Rata-rata peristiwa kebakaran diakibatkan oleh hubungan arus pendek listrik. Selain itu penyebabnya berasal dari regulator gas elpiji dan tungku api.

"Kejadian terakhir kemarin itu juga karena arus pendek. Kami juga terus imbau masyarakat agar masalah listrik ini diperhatikan," ucapnya.

Pasangan Lansia di Ciamis Ini Lumpuh, Ekonomi Sulit Tak Punya Kartu BPJS, Berobat Pun Alakadarnya

Pihannya pun telah membentuk satuan sukarela kebakaran (satlakar) untuk membantu pemadaman. Satlakar telah diberi pelatihan untuk bisa membantu masyarakat.

"Jika terjadi kebakaran maka bisa cepat lapor dan melakukan penindakan dasar," katanya.

Petugas Disdamkar bersiaga 24 jam dan langsung melakukan penindakan jika terjadi kebakaran. Mengacu pada ketepatan waktu dalam penindakan, dengan rasio jarak tempuh 7,5 kilometer harus bisa bertindak dalam waktu 15 menit.

Respons Rahmad Darmawan Usai Timnya Mendapat Pujian dari Pelatih Persib Robert Alberts

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved