Tak Pakai Pancing atau Jala, Nurdin Cs Berburu Ikan Pakai Senapan Angin, Sehari Bisa Dapat 5 Kilo

Di musim kemarau, Nurdin Cs kerap berburu ikan. Tak memakai pancing atau jala, ia memakai senapan angin untuk menangkap ikan.

Tak Pakai Pancing atau Jala, Nurdin Cs Berburu Ikan Pakai Senapan Angin, Sehari Bisa Dapat 5 Kilo
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Berburu ikan menggunakan senapan angin. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Berbagai aktivitas dilakukan oleh masyarakat saat volume air Sungai Citarik di Kabupaten Bandung menyusut saat musim kemarau, salah satunya menangkap ikan.

Berbagai cara yang dilakukan untuk mendapatkan ikan di aliran sungai, yakni dengan cara menjerat ikan menggunakan alat sirip, menjaring ikan, memancing, hingga menembak menggunakan senapan angin.

Tepat di sekitar Pintu Air Sungai Citarik, terlihat ada empat pria yang tengah menenteng senapan angin khas buatan Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Di balik kacamata polarized yang dikenakan empat orang ini, mereka semuanya terus memandang laju air sambil melihat tanda-tanda adanya gerakan dari ikan air tawar penghuni Sungai Citarik.

Saat tanda-tanda ikan berada di dekat permukaan air, para pemburu ikan ini, dengan sigap menembakan senapan yang sudah dirakit serta memiliki peluru tombak kecil dan disimpulkan ke alat berupa katrol kecil.

Seorang pemburu ikan, Nurdin (45), warga Desa Cikeruh, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, mengatakan, aktivitas menangkap ikan menggunakan senapan angin ini dilakukan sejak 2016, dengan cara menyusuri sungai.

Sebelum 2016, kata Nurdin, ia bersama tiga rekan lainnya, selalu berburu ke wilayah hutan atau perkebunan untuk menembak berbagai jenis burung, tapi karena banyak burung yang dilindungi, mereka pun memutuskan menyudahi aktivitas tersebut.

"Kami pikir menembak ikan di sungai tidak akan berhadapan dengan proses hukum, kami langsung sadar dan sama-sama untuk terjun ke sungai saja," kata Nurdin di Pintu Air Sungai Citarik, Kamis (13/6/2019).

Sasaran para penembak ikan ini yakni beberapa jenis ikan air tawar, mulai dari nila, mujair, emas, gabus, lele, gurame, sepat, hingga belut.

Seorang warga tengah mencari ikan di Sungai Citarik. Ketika melihat ada ikan, ia akan menembaknya memakai senapan angin yang sudah dimodifikasi.
Seorang warga tengah mencari ikan di Sungai Citarik. Ketika melihat ada ikan, ia akan menembaknya memakai senapan angin yang sudah dimodifikasi. (Tribun Jabar/Hakim Baihaqi)
Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved