Setelah Terjadi 2 Kali Kebakaran Pasar di Kota Bandung, Mang Oded Setuju Ada Audit Pasar

Wali Kota Bandung menyetujui adanya audit infrastruktur pasar dan memerintahkan Direktur PD Pasar Bermartabat, untuk melakukan audit infrastruktur

Tangkapan Layar @emergency113bdg
Kebakaran Pasar Ujungberung, Minggu (9/6/2019) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG -- Wali Kota Bandung menyetujui adanya audit infrastruktur pasar dan memerintahkan Direktur PD Pasar Bermartabat, untuk melakukan audit infrastruktur di seluruh pasar di Kota Bandung.

"Kebakaran Pasar sudah dua kali jangan sampai terulang lagi. Makanya, saya meminta direksi PD Pasar untuk melakukan audit terhadap bangunan pasar di Kota Bandung," ujar Oded di Balai Kota, Kamis (13/6/2019).

Oded juga minta pemilik kios berhati-hati terutama korsleting listrik.

Terkait kondisi infrastruktur, Oded juga meminta agar PD Pasar memperhatikan akses pemadam kebakaran. Sehingga memudahkan pemadaman jika terjadi kebakaran.

"Kami bandingkan kebakaran yang terjadi di Pasar Andir dan Pasar Kosambi pemadaman apinya lebih lama dibandingkan dengan saat pemadaman api di Pasar Ujungberung hanya sehari karena ada akses untuk Pemadam," ujar Oded.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial yang juga merupakan Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) PKS Jawa Barat tanggapi hasil pencapaian suara PKS di Pileg DPRD Kota Bandung, di Balaikota Bandung, Jalan Wastukencana, Senin (6/5/2019).
Wali Kota Bandung, Oded M Danial yang juga merupakan Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) PKS Jawa Barat tanggapi hasil pencapaian suara PKS di Pileg DPRD Kota Bandung, di Balaikota Bandung, Jalan Wastukencana, Senin (6/5/2019). (Tribun Jabar/Cipta Permana)

Oded juga minta, perbaikan struktur bangunan harus memperhatikan aspek keamanan tidak hanya sekedar memoles tampilan.

Dari sejumlah kasus kebakaran pasar, Oded mempelajari, penyebabnya bukan hanya akibat buruknya instalasi listrik, tetapi juga berkaitan dengan desain bangunan dan akses.

Satpol PP Kota Bandung Kewalahan Tangani Waria, Tantan: Petugas Datang, Waria Menghilang

Menanggapi hal ini, Pjs Direktur PD Pasar Bermartabat Kota Bandung Andri Salman mengatakan, sudah melayangkan surat tertulis kepada PLN dan Diskar PB untuk melakukan koordinasi.

"Menindaklanjuti perintah walikota, kami melayangkan surat tertulis ke instansi terkait untuk melihat langsung keadaan seluruh pasar di Kota Bandung," ujar Andri.

VIDEO Begini Kondisi Pasar Ujungberung Pascakebakaran

Setelah mlakukan pemeriksaan langsung, baik PLN maupun Diskar PB, mengisi form yang memberikan keterangan mengenai kondisi pasar tersebut.

"Jadi nanti PLN memberikan rekomendasi tentang instalasi listrik, dan Diskar memberikan rekomendasi tentang keamanan bangunan dari sisi kebakaran," ujarnya.
Nantinya, lanjut Andri, pihaknya akan memperbaiki pasar sesuai kebutuhan. (tiah sm)

Penulis: Tiah SM
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved