Libur Lebaran, Ditemukan 5000 Kasus Gangguan Pencernaan di Jawa Barat

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat menyatakan penyakit gangguan pencernaan semisal penyakit lambung, diare, hingga tifus, mendominasi keluhan masyara

Libur Lebaran, Ditemukan 5000 Kasus Gangguan Pencernaan di Jawa Barat
Tribun Jabar/Muhammad Syarif Abdussalam
Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Berli Hamdani Gelung Sakti di Kantor Dinas Kesehatan Jabar di Kota Bandung, Kamis (13/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhammad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat menyatakan penyakit gangguan pencernaan semisal penyakit lambung, diare, hingga tifus, mendominasi keluhan masyarakat selama arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Terhitung masa Lebaran 2019, penyakit gangguan pencernaan ini mencapai 5.000 kasus.

"Kami bisa lihat dari data, kalau selama arus mudik dan balik Lebaran berlangsung, penyakit yang paling banyak dialami pemudik, pertama adalah gangguan pencernaan. Jumlah kasusnya banyak ya mencapai 5.000 kasus," kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, Berli Hamdani Gelung Sakti, di Kantor Dinas Kesehatan Jabar di Kota Bandung, Kamis (13/6/2019).

Sidang Sengketa Pilpres 2019 Mulai Besok, Ridwan Kamil Minta Warga Jabar Tidak Pergi ke MK

Penyakit terbanyak kedua yang diderita pemudik, kata Berli, ialah kardiovaskular semisal hipertensi atau gangguan pada organ jantung.

"Jadi dua penyakit tersebut yakni gangguan pencernaan dan kardiovaskular adalah penyakit yang paling banyak diderita oleh pemudik tahun ini," kata Berli.

Menurut dia, pemudik yang menderita dua penyakit tersebut lebih disebabkan salah pola makan. Saat Lebaran, katanya, warga cenderung memakan beragam jenis makanan dan menyebabkan gangguan pencernaan.

Berli mengatakan saat Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran umat muslim dianjurkan untuk tetap mengatur pola konsumsi yang baik dan tidak berlebih-lebihan. Hal tersebut, kata dia, penting untuk menjaga kesehatan tubuh, dari gangguan pencernaan atau kardiovaskular yang biasanya muncul setelah Lebaran. 

Suami di Lumajang Gadaikan Istri Rp 250 Juta, Saat Ditebus, Tukang Gadai Ogah Mengembalikan

Saat Masih Sakit, Ani Yudhoyono Punya Impian Bikin Cikeas Jungle, Kini Anak-Menantu Siap Wujudkan

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved