Jelang Sidang Sengketa Pilpres 2019 di MK, Ini yang Disiapkan Polres Purwakarta

Ia menjelaskan bahwa patroli yang akan digelar merupakan patroli gabungan dan berskala besar bersama jajaran Kodim 0619 Purwakarta.

Jelang Sidang Sengketa Pilpres 2019 di MK, Ini yang Disiapkan Polres Purwakarta
Tribun Jabar/Haryanto
Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius saat diwawancarai di Rest Area Tol Cipularang KM 72, Babakancikao, Purwakarta, Jumat (17/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Jajaran Polres Purwakarta akan menggelar kegiatan kepolisian yang ditingkatkan (KKYD) di wilayahnya menjelang sidang sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta pada Jumat (14/6/2019).

Hal tersebut dikatakan oleh Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius saat ditemui di Mapolres Purwakarta, Ciseureuh, Purwakarta.

"Kami akan melakukan KKYD baik berupa patroli maupun kegiatan lain yang bersifat memonitor situasi," kata Matrius disela kegiatannya pada Kamis (13/6/2019).

Ia menjelaskan bahwa patroli yang akan digelar merupakan patroli gabungan dan berskala besar bersama jajaran Kodim 0619 Purwakarta.

Dia menyebut patroli akan dilakukan disejumlah wilayah baik di jalur akses menuju Jakarta, wilayah perbatasan antar kabupaten kota termasuk dalam kota.

Patroli gabungan yang digelar secara terbuka itu bertujuan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan menjelang dan saat sidang Perselihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) dilangsungkan besok.

Jelang Sidang Sengketa Pilpres 2019 di MK, Kapolres Cirebon Imbau Masyarakat Jaga Kondusivitas

"Contohnya mobilisasi massa yang berpotensi rusuh, lalu barang-barang terlarang yang bisa menjadi pemicu kerusuhan atau sejenisnya," ujar dia.

Saat ini, Matrius mengaku pihaknya belum melakukan penyekatan massa yang mengarah ke Jakarta maupun penggeledahan.

Hal itu dikarenakan jajarannya belum mendapatkan informasi-informasi terkait ancaman pengamanan dari wilayah hukumnya.

"Saat ini kami masih dalam tahap patroli gabungan saja, belum hingga penyekatan atau penggeledahan," ucapnya.

Sidang Sengketa Pilpres 2019 Mulai Besok, Ridwan Kamil Minta Warga Jabar Tidak Pergi ke MK

Selain itu, ia mengaku bahwa sudah ada laporan kepada Polres Purwakarta akan ada sejumlah masyarakat Purwakarta yang akan berangkat ke Jakarta terkait sidang MK tersebut.

Namun dia menegaskan bahwa jumlahnya tidak besar dan datang dari sebuah organisasi kepartaian bukan dari organisasi masyarakat atau keagamaan di Purwakarta.

Penulis: Haryanto
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved