Habib Bahar Dituntut 6 Tahun Penjara dan Denda Rp 50 Juta, Ini Alasannya yang Disebutkan Jaksa

Terdakwa Habib Bahar bin Smith dituntut jaksa penuntut umum agar dijatuhi pidana selama enam tahun, denda Rp 50 juta subsidair tiga bulan kurungan

Habib Bahar Dituntut 6 Tahun Penjara dan Denda Rp 50 Juta, Ini Alasannya yang Disebutkan Jaksa
daniel damanik/tribun jabar
Habib Bahar bin Smith dikawal saat akan memasuki ruang sidang, Kamis (13/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG -‎ Terdakwa Habib Bahar bin Smith dituntut jaksa penuntut umum agar dijatuhi pidana selama enam tahun, denda Rp 50 juta subsidair tiga bulan kurungan, dalam sidang tuntutan di Gedung Arsip, Jalan Seram Kota Bandung, Kamis (13/6/2019).

"‎Terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana secara bersama-sama dengan sengaja merampas kemerdekaan seseorang mengakibatkan luka-luka berat, dengan terang-terang dan dengan tenaga bersama menggunakan kekerasan terhadap orang, yang mengakibatkan luka berat dan melakukan kekerasan terhadap anak yang mengakibatkan anak luka berat," ujar jaksa Purwanto Joko Irianto.

Perbuatan Bahar bin Smith itu sebagaimana diatur di dakwaan kesatu primair Pasal 333 ayat 2 KUHP Jo Pasal 55 ayat 1 ke- 1 KUHP dan dakwaan kedua primair Pasal 170 ayat 2 ke- 2 KUHP dan dakwaan ketiga Pasal 80 ayat 2 Jo Pasal 76 c Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

"Semua pasal yang didakwakan terbukti dilakukan oleh terdakwa, dakwaanya kumulatif," ujar Kasipenkum Kejati Jabar, Abdulmuis Ali. Pasal 333 kerap dikenal sebagai pasal penculikan.

Kronologi Penganiayaan yang Dilakukan Habib Bahar bin Smith menurut JPU: Kepala Dijadikan Asbak

Pada sidang pemeriksaan terdakwa, pria bernama Habib Assayid Bahar bin Smith mengakui kesalahannya menganiaya Cahya Abdul Jabbar dan Choirul Aumam Al Muzaki.

"Menurut hukum positif, saya tidak punya kewenangan. Sebagai warga negara, perbuatan saya tidak benar menganiaya dan memukul," ujar Bahar.

VIDEO Habib Bahar bin Smith: Saya Akan Bertanggungjawab Dunia Akhirat

Pada persidangan, sejumlah saksi dihadirkan termasuk kedua korban penganiayaan. Selain itu, disertai sejumlah bukti dan keterangan saksi ahli.

"Semua bukti yang dihadirkan benar, kami akui perbuatan kami salah," ujar Bahar. (men)

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved