Tinjau Saluran Induk Cipelang, Bupati Indramayu: Air Harus Bisa Dinikmati oleh Para Petani

Bupati Indramayu Supendi meninjau langsung saluran induk Cipelang yang berada di Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, Rabu (12/6)

Tinjau Saluran Induk Cipelang, Bupati Indramayu: Air Harus Bisa Dinikmati oleh Para Petani
Tribun Jabar/Handhika Rahman
Bupati Indramayu, Supendi saat meninjau saluran induk Cipelang yang berada di Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, Rabu (12/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Bupati Indramayu Supendi meninjau langsung saluran induk Cipelang yang berada di Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, Rabu (12/6/2019).

Dalam peninjauannya itu, Bupati Indramayu memastikan pendistribusian air khususnya untuk irigasi pertanian berjalan dengan semestinya.

Pada kesempatan itu, ia juga menyelusuri aliran air yang meliputi Desa Amis, Desa Cikedung, Desa Rajasinga, Desa Plosokerep, Desa Kendayakan, Desa Manggungan, Desa Rancahan, dan lainnya.

"Saya menekankan untuk dilakukan pengaturan dengan sebaik mungkin agar pola distribusi air benar-benar terlaksana dengan baik dan bisa dinikmati oleh para petani," ujar Supendi di sela-sela peninjauan.

Supendi menyampaikan, ancaman kekeringan dan gagal panen menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Indramayu.

Mengaku Istri Polisi, Helen Tipu Orang yang Ingin Jadi Polisi, Korban Setor Rp 693 Juta

Pasalnya, Kabupaten Indramayu sendiri merupakan salah satu daerah lumbung padi yang menjadi andalan nasional untuk ketahanan pangan.

Oleh karena itu, pihaknya telah mengeluarkan kebijakan distribusi air yaitu berupa pengelolaan gilir giring distribusi air baku di saluran induk Cipelang.

Lanjut Supendi, terutama pada saluran induk barat untuk musim gadu (MT II) tahun 2019 berupa kebijakan langkah 37.

"Kebijakan ini yakni 3 hari untuk BBT 14 ke hulu yang merupakan wilayah Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Cikedung dan 7 hari BBT 14 ke hilir yang merupakan wilayah PSDA Losarang," ujar Bupati Indramayu.

Lebih lanjut ditekankan Bupati Indramayu, petani yang berada di wilayah Kecamatan Cikedung diharapkan bisa menggunakan air secukupnya.

Karena, wilayah tersebut adalah daerah yang paling dekat dengan sumber air.

Gencar Tanam Mangrove, Desa Dadap di Indramayu Direncanakan Akan Miliki 2 Objek Wisata Baru

Berdasarkan hasil peninjauan, disebutkan Supendi, pendistribusian air masih belum menyeluruh sampai ke daerah hilir.

Lanjut Supendi, bagi petani yang berada di wilayah hulu sungai untuk tidak menggunakan pompa untuk mengairi sawah masing-masing karena akan berdampak pada berkurangnya distribusi air ke daerah lain.

"Nanti setelah kebijakan 37 atau gilir giling ini selesai, air dari Cipelang akan digelontorkan secara utuh hingga ke hilir," ucap dia.

Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved