Selama Musim Mudik Lebaran 2019, Pemudik yang Pakai Jalur Selatan Menurun, Tapi Wisatawan Meningkat

Untuk pemudik yang menggunakan jalur selatan di tahun ini mengalami penurunan. Adanya jalan tol Trans Jawa sangat berpengaruh.

Selama Musim Mudik Lebaran 2019, Pemudik yang Pakai Jalur Selatan Menurun, Tapi Wisatawan Meningkat
Tribun Jabar/Firman Wijaksana
Sejumlah kendaraan dari arah Garut menuju Bandung diberhentikan di Jalan Anwar Musadad, Kecamatan Tarogong Kaler saat Polres Garut memberlalukan sistem satu arah untuk mengurai kemacetan, Jumat (7/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Meski Operasi Ketupat 2019 telah berakhir, Polres Garut mencatat masih terjadi arus balik yang dilakukan pemudik. Kemacetan pun masih terjadi di beberapa titik.

"Tapi bukan hanya sama pemudik. Malah kebanyakan sekarang itu didominasi sama wisatawan atau warga yang mau halal bihalal di Garut," ujar Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna, ketika ditemui usai halal bihalal di Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah IV, Rabu (12/6/2019).

Pihaknya pun masih melakukan sejumlah langkah antisipasi mengurai arus lalu lintas. Ia menyebut, masih banyak yang berkunjung ke Garut. Terutama untuk berlibur ke sejumlah objek wisata.

Usai Libur Lebaran, Ini Kondisi Terkini Pemain Persib Bandung Jelang Lawan PS Tira Persikabo

"Kayak kemarin saya tanya ke pengendara sepeda motor. Dia dari Bandung sama istri dan anaknya sengaja mau liburan ke Sayangheulang. Jadi masih banyak yang datang ke Garut," katanya.

Budi menambahkan, untuk pemudik yang menggunakan jalur selatan di tahun ini mengalami penurunan. Adanya jalan tol Trans Jawa sangat berpengaruh.

"Kalau enggak ada tol, bisa dua kali lipat yang pakai jalur selatan. Meski pemudik menurun, tapi tetap banyak wisatawan sampai terjadi kemacetan," ujarnya.

Kemacetan juga disebabkan para pemudik yang hanya sebentar menikmati libur lebaran. Berbeda dengan tahun lalu yang lebih panjang liburnya saat arus balik.

"Sekarang semua tertumpuk di hari yang sama. Ditambah adanya wisatawan. Jadi macetnya berhari-hari," ucapnya.

Pemkab Bandung Akan Sahkan Perbup PPDM Hari Ini, Ini Jumlah Daya dan Potensi di Setiap Zona, Yuk Cek

Uang Panaik Rp 300 Juta, 1 Ton Beras, Seekor Kuda, dan Masih Banyak Lagi, Lamaran Polwan Ini Viral

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved