Rencana Rotasi ASN Pemprov Jabar, Ridwan Kamil: Perlu Review Teman Kerjanya

“Di kami ada tambahan namanya peer review, itu review teman kerjanya, jadi horizontal. Jadi selain analisis pimpinan, analisis kawan-kawannya bagaiman

Rencana Rotasi ASN Pemprov Jabar, Ridwan Kamil: Perlu Review Teman Kerjanya
tribunjabar/mega nugraha
Gubernur Jabar Ridwan Kamil 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhammad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan proses mutasi dan rotasi PNS eselon III dan IV di lingkungan Pemprov Jabar akan dilakukan dalam waktu dekat.

Proses rotasi dan mutasi yang melibatkan ratusan pejabat tersebut adalah proses rutin dalam organisasi pemerintah daerah.

“Itu rutin, enggak ada masalah. Yang pasti pegang omongan saya, kami sangat objektif,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Rabu (12/6/2019).

Proses menentukan pejabat selevel sekretaris dinas, kepala bagian, dan kepala subbagian ini, menurutnya melewati salah satu proses baru di luar seleksi normatif lainnya.

“Di kami ada tambahan namanya peer review, itu review teman kerjanya, jadi horizontal. Jadi selain analisis pimpinan, analisis kawan-kawannya bagaimana. Nah itu nanti akan memastikan orang yang terpilih benar-benar objektif,” ujarnya.

Penjelasan Ridwan Kamil Jawab Tudingan Ada Simbol Illuminati di Masjid Al Safar, Singgung Isu Pilgub

Sekda Jawa Barat, Iwa Karniwa, mengatakan pihaknya saat ini baru menuntaskan pembenahan kualitas database kepegawaian sebagai bagian proses rotasi dan promosi untuk mendapat orang terbaik di setiap jabatan.

“Belum dalam waktu dekat, karena proses ini mensyaratkan perbaikan sistemnya terlebih dulu. Tapi alhamdulillah pembenahan database kepegawaiannya baru kami selesaikan bersama Badan Kepegawaian Daerah (BKD),” katanya.

Menurutnya, proses penyegaran roda birokrasi di era Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini, lahir dari perbaikan sistem data hingga proses seleksi ASN yang komprehensif.

“Tanpa mengurangi rasa hormat, Jawa Barat ingin menjadi provinsi yang terbaik di ASEAN, kuncinya ada di SDM karena itu proses mutasinya harus baik dan parameternya jelas,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved