Pendaftaran PPDB SMP Akan Dibuka Dua Minggu ke Depan, Ini Pembagian Zonasinya di Kabupaten Bandung

Siswa-siswa yang hendak melanjutkan sekolah ke jenjang menengah pertama ini, diwajibkan mendaftar di sekolah-sekolah yang berada di zona tersebut

Pendaftaran PPDB SMP Akan Dibuka Dua Minggu ke Depan, Ini Pembagian Zonasinya di Kabupaten Bandung
Tribun Jabar/Hilda Rubiah
Ilustrasi pendaftaran PPDB 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri di Kabupaten Bandung baru akan dibuka minggu depan.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung menghimbau agar melaporkan oknum yang memanfaatkan proses PPDB, karena proses PPDB ini tidak dipungut biaya.

Kepala Bidang SMP Maman Sudrajat menuturkan, tahapan PPDB SMP Negeri di Kabupaten Bandung dibagi menjadi tiga jalur, yakni jalur zonasi, jalur prestasi dan jalur perpindahan tugas (kerja) orang tua.

Pencuri Senjata Milik Brimob saat Kerusuhan 22 Mei Diringkus Polisi

"Untuk jalur prestasi dan jalur perpindahan tugas orangtua dibuka pada tanggal 24-26 Juni nanti. Sementara untuk di jalur zonasi sendiri dibuka 1-6 Juli nanti," ujarnya saat ditemui di kantornya, Rabu (12/6/2019).

Sesuai dengan amanat Permendikbud dalam PPDB jalur zonasi memiliki kuota terbesar mencapai 90 persen, sementara jalur jalur prestasi dan jalur perpindahan tugas orang tua masing-masing memiliki kuota 5 persen.

"Untuk jalur prestasi dibagi secara proporsional baik prestasi akademik maupun non akademik. Sementara untuk jalur perpindahan biasanya pegawai yang pindah tugas biasanya belum memiliki domisili yang jelas dan bisa didaftarkan dengan surat tugas tersebut," tuturnya.

Sementara untuk jalur zonasi sendiri Disdik Kabupaten Bandung membagi menjadi 9 zona.

Jadi siswa-siswa yang hendak melanjutkan sekolah ke jenjang menengah pertama ini, diwajibkan mendaftar di sekolah-sekolah yang berada di zona tersebut.

Momen Langka Nih, Jokowi Wawancara Jusuf Kalla Tanya-tanya Soal Lebaran, Keduanya Terlihat Akrab

"Zona pertama itu meliputi Kecamatan Soreang, Kutawaringin, Katapang, Margahayu dan Margaasih. Zona dua meliputi Kecamatan Pasirjambu, Ciwidey dan Rancabali," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved