Maruf Amin : Saya Merupakan Keturunan Ke-14 Raja Sumedanglarang

Calon wakil presiden nomor urut 01, KH Maruf Amin mengatakan bahwa ia keturunan dari Raja Sumedanglarang, Prabu Geusan Ulun.

Maruf Amin : Saya Merupakan Keturunan Ke-14 Raja Sumedanglarang
Tribun Jabar/Deddi Rustandi
Bupati Dony Ahmad Munir memberikan cendera mata replika Mahkota Binokasih kepada KH Maruf Amin. Cawapres nomor urut 01 Maruf Amin hadir di Gedung Negara memenuhi undangan halal bihalal Dangiang Kewargian Rukun Wargi Sumedang dan Yayasan Pangeran Sumedang, Rabu (12/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Deddi Rustandi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG – Calon wakil presiden nomor urut 01, KH Maruf Amin mengatakan bahwa ia keturunan dari Raja Sumedanglarang, Prabu Geusan Ulun.

Hal itu dikatakannya di Gedung Negara saat memenuhi undangan halal bihalal Dangiang Kewargian Rukun Wargi Sumedang (RWS) dan Yayasan Pangeran Sumedang (YPS), Rabu (12/6/2019).

Di acara halal bihalal tersebut, Maruf dinobatkan menjadi keluarga besar RWS yang merupakan keturunan raja dan para Pangeran Sumedang.

“Saya merasa terhormat diakui sebagai wargi Sumedang. Dari silsilah keturunan raja Sumedanglarang saya merupakan keturunan ke-14 dari Prabu Geusan Ulun, Raja Sumedang Larang,” kata Maruf di acara halal bihalal.

Menurutnya, sebagai wakil presiden terpilih, kini ia menyandang gelar sebagai ulama sekaligus umara yang senantiasa membangun agama dan kemaslahatan bagi rakyat.

"Menjadi seorang ulama juga seorang umara adalah tugas berat. Akan tetapi dengan spirit ikatan persaudaraan ini, saya optimis kemaslahatan ini akan dipegang teguh sesuai apa yang telah dicontohkan Prabu Geusan Ulun,” katanya.

Kiai Maruf Amin Hadiri Halal Bihalal Rukun Wargi Sumedang

Ia mengatakan sebelumnya ada Pak Umar Wirahadikusumah, asal Sumedang yang menjadi wakil presiden.

“Sebelumnya Pak Umar asal Sumedang menjadi wakil presiden dan ke depan orang Sumedang bukan hanya menjadi wakil presiden tapi menjadi Presiden RI,” kata Maruf yang disambut tepuk tangan.

Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional, Komjen M Iriawan yang juga keluarga besar RWS keturunan ke-16 Raja Sumedandanglarang mengatakan, kehadiran KH Maruf Amin di Sumedang menjadi kebanggaan tersendiri.

"Beliau terpilih sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia. Sudah lama tidak ada putra Sunda yang manggung di kancah nasional. Selain sebagai tokoh Sunda, beliau juga adalah tokoh agama," kata Iriawan.

Maruf Amin Dituding Langgar UU Pemilu, KPU Mengaku Sudah Tahu Jabatannya di 2 Bank

Bupati Dony Ahmad Munir memberikan cendera mata replika Mahkota Binokasih kepada Maruf Amin.

Bupati berharap, kedatangan Maruf Amin dapat memberi suntikan motivasi untuk Sumedang.

"Kami juga berharap, beliau dapat memberikan perhatian khusus kepada Kabupaten Sumedang," kata Dony. (deddi rustandi)

Penulis: Deddi Rustandi
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved