Lembaga Penegak Hukum di Kota Bandung Teken MoU Percepat Penanganan Perkara

Latar belakang MoU itu tidak lepas dari kualitas pelayanan mereka terhadap penanganan perkara yang selama ini dijalankan.

Lembaga Penegak Hukum di Kota Bandung Teken MoU Percepat Penanganan Perkara
Tribunjabar/Mega Nugraha
Ketua Pengadilan Negeri Bandung Edison Muhammad 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Memorandum of Understanding (MoU) diteken institusi penegak hukum yang tergabung dalam integrated criminal justice system (ICJS).

Penandatanganan MoU diinisasi dan digelar di Pengadilan Negeri Bandu‎ng, Rabu (12/6/2019). Mereka yang meneken MoU yakni Pengadilan Negeri Bandung, Polrestabes Bandung, Kejari Bandung, Rutan, dan Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara.

Ketua Pengadilan Negeri Bandung Edison Muhammad mengatakan, MoU ini menindaklanjuti surat edaran dari Menkopolhukam terkait penanganan perkara sekaligus penguatan kordinasi antar penegak hukum dalam pelayanan publik di bidang hukum.

498 Narapidana Lapas Narkotika Kelas II A Cirebon Dapat Remisi saat Idulfitri

"‎Antar penegak hukum ini harus satu kesatuan dalam penegakan hukum. Oleh sebab itu, kami dengan teman-teman penegakan hukum di Kota Bandung bikin kesepakatan ICJS," ujar Edison.

Latar belakang MoU itu tidak lepas dari kualitas pelayanan mereka terhadap penanganan perkara yang selama ini dijalankan.

Misalnya saja, kordinasi penanganan perkara selama ini kerap berbentuk surat menyurat, diantar kurir dan diterima oleh penerima.

Diakuinya, itu membuat penanganan perkara jadi lama. Untuk mendukung kerjasama itu, masing-masing penegak hukum akan membentuk tim IT.

"Jadi hal-hal yang selama ini lambat, dengan adanya kesepakatan ICJS ini bisa dipercepat menggunakan sarana yang ada termasuk IT dan lain sebagainya," ujar dia.

Tumpukan Sampah di TPS Liar di Jatinangor Ini Terakhir Diangkut pada 2016

‎Hal-hal yang membuat lambat seperti ia maksud, misalnya, kordinasi surat menyurat antar penegak hukum, administrasi barang bukti, perpanjangan penahanan, ia akui selama ini suka lama.

"‎Jadi hal-hal yang membuat lama, dengan MoU ini diharapkan bisa lebih cepat sehingga pelayanan penanganan perkara bisa lebih baik. Jadi enggak secara fisik (suratnya) diantar, bisa menggunakan sarana IT," ujar Edison.

‎Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema menyambut baik langkah dari Pengadilan Negeri Bandung untuk memperbaiki kualitas penanganan perkara.

"MoU ini tentu bahwa kami akan berupaya lebih cepat lagi dalam proses penanganan perkara dan pelayanan hukum pada masyarakat," ujar Irman.

Gelar Operasi, Denpom III/3 Cirebon Temukan Beberapa Prajurit TNI Melanggar, Ini Pelanggarannya

Cegah Abrasi di Pesisir Pantai Indramayu, Sanggar Lingkungan Hidup Tanam 1500 Bibit Mangrove

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved