Disdukcapil Kota Cimahi Minta RT RW di Kota Cimahi Memiliki Identitas Warga Pendatang, Ini Alasannya

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi meminta dan menyarankan RT RW di Kota Cimahi memiliki data identitas warga pendatang.

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi meminta dan menyarankan RT RW di Kota Cimahi memiliki data identitas warga pendatang yang tinggal di rumah kontrakan atau kosan.

Hal tersebut sebagai upaya untuk memperketat pengawasan terhadap warga non permanen, untuk antisipasi adanya aksi kriminalitas pencurian seperti yang terjadi di 10 kamar kosan milik Ramilan di Jalan Rancabentang No 23, RT 1/26, Kelurahan Cibereum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Kepala Bidang Pendataan dan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kota Cimahi, Ade Hindasyah mengatakan, selain para RT/RW, pihaknya juga meminta pemilik kosan memiliki data lengkap warga yang memanfaatkan jasa kontrakan.

Bupati Bojonegoro Melawat ke Inggris Ajak Suami, Habiskan Dana APBD Hampir Rp 1 Miliar

"Sebab data itu sangat penting untuk mengetahui identitas para penghuni kosan. Kita minta RT/RW untuk memperketat, termasuk secara administrasi," ujarnya di Pemkot Cimahi, Rabu (12/6/2019).

Pernyaataan tersebut dilontarkan karena aksi pencurian di sebuah kontrakan di Jalan Rancabentang itu, pelakunya diduga merupakan salah satu penghuni kosan yang hingga saat ini belum diketahui identitas lengkap oleh pemilik kontrakan.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya juga bakal melakukan operasi yustisi dengan menyasar rumah kontrakan atau kos-kosan di Kota Cimahi untuk mendata warga pendatang yang menghuni semua kontrakan di Kota Cimahi.

"Hal itu dilakukan untuk mendata penduduk non permanen, khususnya warga yang baru datang dari kampung halamannya," katanya.

Selain itu, pihaknya juga ingin memastikan warga non-permanen memiliki Surat Keterangan Penduduk non Permanen atau disebut sebagai Kartu Identitas Musiman (Kipem) yang hanya berlaku satu tahun.

"Untuk pendataan warga pendatang tahun ini, kita baru ada permintaan di Pasirkaliki, Cibabat dan Utama, sehingga untuk saat ini kita akan fokus dulu di daerah itu," ucapnya.

Andai Tak Dipakai Persib Bandung, Gian Zola Pilih Klub Lain di Liga 1 daripada Bela Persib B

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved