BPBD Kota Tasikmalaya Waspadai Ancaman Kekeringan, Baru 1 Rumah Sakit Lapor Kekurangan Air Bersih

BPBD Kota Tasikmalaya mulai mewaspadai ancaman kekeringan. RS Jasa Kartini laporkan kebutuhan air bersih.

BPBD Kota Tasikmalaya Waspadai Ancaman Kekeringan, Baru 1 Rumah Sakit Lapor Kekurangan Air Bersih
Tribun Jabar/Isep Heri
Sejumlah warga Kelurahan Singkup, Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya mengantre pembagian air bersih oleh Polresta Tasikmalaya, Selasa (31/7/2018). 

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Mengantisipasi kekurangan air bersih yang melanda warga, BPBD Kota Tasikmalaya menyebar surat ke semua kantor kelurahan dan instansi layanan publik agar segera melapor jika terjadi kesulitan air bersih.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar, mengatakan, pihaknya sudah menyebar surat ke semua kantor kelurahan dan instansi publik untuk segera lapor jika di wilayahnya kekurangan air bersih.

"Musim kemarau tampaknya sudah di depan mata. Kami sudah sebar surat dan sejauh ini baru pihak RS Jasa Kartini di Jalan Otista yang melaporkan kebutuhan air rumah sakit terganggu karena sumber mata air mulai mengering," kata Ucu Anwar, Rabu (12/6/2019).

Menurut Ucu, sudah beberapa hari ini pihaknya memasok air bersih dua truk tangki per hari masing-masing berkapasitas 6.000 liter.

"Kami rutin memasok ke RS Jasa Kartini dua truk tangki setiap hari, agar kebutuhan air bersih untuk pasien dan juga karyawan masih bisa terpenuhi," ujarnya.

Selain itu, laporan kekeringan dari kantor kelurahan hingga saat ini belum masuk.

"Kalau dari kantor kelurahan belum ada yang masuk. Mudah-mudahan kebutuhan air bersih di wilayah masing-masing masih bisa terpenuhi," kata Ucu.

Dia menambahkan, pihak BPBD kota saat ini telah memiliki peta lokasi rawan kekurangan air bersih jika kemarau tiba.

Wilyaha tersebut antara lain Kecamatan Indihiang, Kawalu, Purbaratu, Mangkubumi, Cipedes, Tamansari, dan Bungursari. Paling parah terdapat di Kecamatan Tamansari.

"Untuk kebutuhan armada pengangkut air bersih dan peralatan penunjangnya sudah kami siapkan. Pihak yang membutuhkan tinggal lapor dan kami langsung pasok," ujar Ucu Anwar.

Penulis: Firman Suryaman
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved